Tanpa Jaringan Internet, Kita Bisa Apa?

77
Tanpa Jaringan Internet

Tanpa Jaringan Internet, Kita Bisa Apa? Sekilas pertanyaan tersebut yang mewakili keadaan kita saat ini. Sebagaimana diketahui, Selasa (11/8/2020) lalu, terjadi kebakaran server induk di Sentra Telepon Otomat (SOT), kompleks Plasa Telkom Pekanbaru.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Walau sudah berlangsung beberapa hari yang lalu dan sempat berangsur-angsur pulih, bahkan Telkomsel memberi kompensasi, nyatanya kualitas internet di Pekanbaru masih terganggu.

 

View this post on Instagram

 

Sebagai bentuk apresiasi kami atas kepercayaan pelanggan yang tetap menggunakan layanan Telkomsel, kami menghadirkan paket spesial, khusus untuk pelanggan yang berada di 94 kota di wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah yang terdampak penurunan kualitas layanan pada 11 Agustus 2020. Paket Spesial bisa didapatkan melalui UMB *888*20# dengan kuota internet 5GB + 100 menit telepon + 1000 SMS (ke sesama nomor Telkomsel). Paket ini dapat diakses maksimal satu kali untuk tiap pelanggan selama periode aktivasi. Wilayah yang mendapatkan benefit ini adalah : 94 Kota Pada 5 Provinsi di Sumatera yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau @telkomselsumatera #Telkomsel #TerusBergerakMaju #AkselerasikanNegeRI

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Tidak pernah dibayangkan ketika salah satu server provider di Kota Pekanbaru meledak dan terbakar. Hal tersebut mengakibatkan kelumpuhan telekomunikasi terjadi lebih dari 24 jam.

Komunikasi business to business terkendala, kabar yang biasa dikirimkan kepada keluarga mulai terhambat tanpa tau cara untuk menyampaikannya. Tidak hanya tanpa jaringan internet, bahkan jaringan telfon dan SMS pun terputus. Paket internet dari provider lain menjadi incaran.

Dua jam setelah tersebar kabar bahwa perbaikan dari server provider yang terbakar akan pulih sepenuhnya dalam satu minggu, penjual paket internet diserbu. Asal ada paket internet, kartu tidak bersisa. Ternyata, internet adalah segalanya.

Indihome yang lumpuh pun menjadi sasaran kemarahan para netizen. Tidak bisa menonton serial Netflix, tidak bisa menonton youtube, tidak lancar membuka instagram, tidak bisa membuka surel, bahkan ada yang kesulitan mengakses Internet Banking.

Tapi tenang saja Encik dan Puan, ini hanya sementara. Bukan berarti kiamat seperti film Die Hard 4 nya Bruce Willis. Bisa jadi ini kesempatan kita untuk terbebas sejenak dari internet dan melakukan hal baru.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat hal ini terjadi, diantaranya:

Membersihkan Pajangan yang Sudah Lama Tidak Tersentuh

pajangan

Ada yang mengoleksi mainan figure, namun jarang dibersihkan hanya untuk dilihat saja. Saat ini Encik dan Puan bisa memberikan waktu yang tadinya untuk nonton youtube, jadi membersihkan figure-figure kesayangan.

Membaca Buku

membaca buku

Kebanyakan dari kita masih tetap membaca, utamanya beralih ke digital media. Sekarang bisa jadi waktu yang tepat untuk ke ruang terbuka menikmati alam dan membaca buku. Ditemani dengan kopi atau teh juga oke.

Membereskan Rak Buku

rak buku

Yang suka baca buku, biasanya langsung saja meletakan buku-buku di atas rak. Ini waktu yang tepat untuk menata ulang. Mengeluarkan semua buku dari rak, kemudian diamkan sejenak untuk kemudian kembali disusun ke rak, cara ini pun bagus untuk membuat koleksi buku menjadi lebih awet.

Menulis

menulis

Dengan kondisi internet yang belum stabil saat ini, tak ada salahnya kita menulis. Pastinya banyak diantara kita yang dulunya bercita-cita jadi penulis.

Merapikan Tanaman

merapikan tanaman

Menyiram tanaman sering, tapi merapikannya? Ini jarang sekali dilakukan. Ada dedaunan yang terlihat sudah mulai butuh untuk dipangkas, gunakan waktu ini untuk melakukan hal yang saat internet masih sangat baik tidak sempat untuk melakukannya.

Ngobrol dengan Keluarga

berkumpul dengan keluarga

Saat jaringan internet masih sangat baik, kita habiskan di dalam kamar masing-masing. Atau sibuk dengan kegiatan masing-masing, saat-saat seperti kita memiliki waktu luang yang sangat lebih untuk kembali berbicara dari hati ke hati. Jangan lupa teh hangat atau kopi dan cemilannya ya.

Bersepeda

bersepeda

Yap, olahraga ini kini digandrungi banyak orang di masa pandemi ini. Dengan bersepeda, selain membakar kalori, kita juga merasakan sensasi berbeda saat berjalan-jalan sekitaran kompleks yang sebelumnya ke mana-mana naik kendaraan. Bukan hanya mengurangi polusi, juga membawa kita bernostalgia waktu kecil dulu.

Main Layang-layang

main layang layang

Selain bersepeda, bermain layangan juga digandrungi baik tua maupun muda. Bermain di tanah lapang sambil berlari-lari. Ah nostalgia.

Mencoba Hobi Baru

fotografi

Bisa juga kondisi saat ini kita manfaatkan dengan mencoba berbagai hobi baru yang hanya belum pernah kita lakukan sebelumnya. Seperti memasak, belajar fotografi, dan lain-lain.

Masih banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa jaringan internet, tidak perlu sangat khawatir dan marah. Yang harus dipahami dengan sangat benar adalah, hal ini tidak terjadi selamanya. Hanya beberapa waktu, kita juga belajar untuk sabar dan menerima keadaan bukan?