Seleksi CPNS Dibuka Pada Juni 2023, Formasi Akan Lebih Banyak

0
303
Seleksi CPNS Dibuka

Encik dan puan, pada saat ini seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yakni CPNS dan PPPK akan dibuka.

Untuk saat ini sedang dalam penyusunan rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Adapun rencananya seleksi ini akan dibuka pada kuartal III 2023 atau pada bulan Juni ini.

Selesi Akan Dibuka Pada Juni 2023

Hal ini diinfomasikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni. Ia mengungkapkan bahwa tanggal seleksi telah selesai disusun dan ia menjamin seleksi akan dilaksanakan lebih cepat dari tahun lalu.

Pihaknya menargetkan pada April mendatang, sudah ada mulai penetapan formasi. Yang mana hal tersebut lebih awal ketimbang tahun lalu.

“Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan. Pada Q3 baru kita sudah mulai eksekusi,” ungkapnya, Kamis (26/01/2023).

Ia juga mengatakan untuk pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dibuka pada bulan Juni 2023 ini. Walaupun pelaksanaan seleksi PPPK 2022 belum selesai, ia menjamin semua prosesnya akan dijalankan secara berlarasan.

Jumlah Formasi Akan Lebih Banyak

Terkait jumlah formasi yang akan dibuka, Alex mengatakan bahwa jumlah formasi akan lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut karena tahun ini pihaknya menargetkan untuk menyelesaikan THK (tenaga kerja honorer) 2, Non ASN dan lain-lain.

Sebelumnya, Alex pernah menyampaikan bahwa pada seleksi ini pihaknya akan berfokus kepada tenaga kerja dan kesehatan, barulah setelah itu ke tenaga digital.

“Prioritas kita untuk memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital,” pungkasnya, Rabu (25/01/2023).

Sementara itu Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas juga pernah mengatakan bahwa seleksi lowongan CPNS akan dibuka pemeritah pada tahun 2023. Ada beberapa formasi lowongan CPNS 2023 yang akan dibuka nanti, seperti hakim, jaksa, dosen, agen, dan tenaga teknis tertentu lainnya.

Untuk seleksi lowongan CPNS ini akan dibuka seiring dengan jumlah PNS yang akan pensiun. Selain itu pemerintah juga harus memenuhi SDM untuk mewujudkan program strategis nasional dengan melihat letak geografis dan kemampuan anggaran.

“Juga perlu disiapkan/dikaji terkait pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua barat serta DOB Papua,” ungkap Anas, Rabu (21/12/2022) lalu.

PPPK Juga Akan Dibuka

Tidak hanya pembukaan lowongan CPNS, pemerintah juga berencana akan membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini.

Lowongan CPNS dan PPPK pada tahun ini masih dalam proses proyeksi kebutuhan. Selain itu, pemerintah juga masih mempertimbangkan usulan dari Kementerian/Lembaga dan Pemda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.