SDN 1 Pekanbaru Tak Jadi Dihapus

0
145
SDN 1 Pekanbaru

Sempat menjadi polemik karena Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pekanbaru sempat mau ditutup dan dialih fungsi menjadi pasar pada akhir tahun 2021 lalu.

Tidak Jadi Ditutup

Akan tetapi saat ini dipastikan SD negeri yang terletak di Jalan Ahmad Yani Pekanbaru itu tidak jadi ditutup. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal yang memastikan SDN1 Pekanbaru tidak jadi ditutup.

Tidak hanya itu, bahkan ia menegaskan isu mengenai sekolah tersebut dijadikan pasar yang sempat beredar di masyarakat dipastikan tidak benar.

Adapun sebelumnya, SD negeri tersebut menjadi bagian dari perluasan kawasan pasar oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

Saat itu Disdik Kota Pekanbaru menyebut bahwa satu aspek alih fungsi sekolah tersebut disebabkan posisinya yang tidak nyaman untuk proses pendidikan. Dimana terdapat dua pasar di sekitar kawasan sekolah tersebut, yaitu Pasar Higienis dan Pasar Kodim.

Wacana tersebut ditolak oleh berbagai elemen masyarakat. Yang mana penolakan itu disertai dengan aksi protes di depan gerbang SDN 1 Pekanbaru pada 27 Desember 2021 lalu.

Beberapa Sekolah Akan Dimerger

Abdul Jamal melanjutkan, SDN 74 yang berada di Jalan Hang Tuah Pekanbaru hanya menerima murid sebanyak lima orang saja. Sehingga lima murid yang mendaftar di sekolah tersebut akhirnya dipindahkan ke SDN lain yang masih berada di satu lingkungan.

“Disdik Pekanbaru akan lebih banyak memerger SD Negeri,” ujar Abdul Jamal, Minggu (15/10/2023).

Kemudian di kawasan Jalan Ahmad Yani Pekanbaru tersebut awalnya terdapat 5 SD negeri. Namun saat ini sekolah itu sudah dipadatkan menjadi dua SD negeri.

“Tidak benar (akan dijadikan pasar, red), kami sangat membutuhkan dua SD ini,” ucap Jamal.

Sekolah Tertua di Pekanbaru

Sebagai informasi, SD yang lokasinya dekat dengan Pasar Senapelan (Kodim) ini kabarnya telah berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka, pada tahun 1910.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek, SK Pendirian Sekolah tersebut pada tanggal 1 Oktober 1976.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.