Porwil Sumatera IX, Riau Raih Juara Umum

0
3340
Porwil Sumatera IX

Provinsi Riau selaku tuan rumah berlangsungnya ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera IX berhasil meraih juara umum.

Event olahraga se-Sumatera yang dibuka pada 4 November 2023 lalu ini resmi ditutup di halaman Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman Pekanbaru, Selasa (14/11/2023) malam.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Hattrick Juara Umum

Pada pelaksanaannya, Riau berhasil mempertahankan gelar Juara Umum tiga kali berturut-turut alias hattrick. Yaitu pada pelaksanaan Porwil di Bangka Belitung tahun 2015, Porwil di Bengkulu 2019, dan Porwil 2023 di Riau.

Berdasarkan data yang dihimpun melalui situs porwilriau2023.com, Riau berhasil menorehkan 41 emas, 21 perak dan 33 perunggu.

Ajang Prakualifikasi

Perolehan ini diapresiasi langsung oleh Wakil I Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno. Pihaknya mengucapkan selamat kepada Riau yang telah berhasil meraih juara umum tiga kali berturut-turut.

“Kemudian juga terima kasih kepada Pemprov Riau, DPRD, serta unsur forkopimda sehingga pelaksanaan Porwil di Riau berjalan dengan sukses,” ujarnya.

Suwarno menuturkan, Porwil Sumatera IX merupakan ajang prakualifikasi menuju PON Aceh-Sumut 2024. Oleh karenanya ia berharap agar pengalaman Porwil akan memberikan pengalaman kepada banyak pihak.

Selain itu ia berpesan kepada para atlet untuk berlanjut terus latihannya, serta meminta agar pembinaan atlet lebih dioptimalkan meskipun Riau sudah banyak mendapatkan emas di Porwil.

“Agar dapat bersaing di PON Aceh-Sumut XXI 2024 mendatang,” tukasnya.

Di akhir sambutannya ia mengucapkan perpisahan, dimana pada Porwil selanjutnya di tahun 2027 yang akan menjadi tuan rumah adalah Provinsi Kepulauan Riau.

Ajang Silaturahmi

Sementara itu, Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Ia berharap agar ke depannya Riau dapat mempertahankan juara Porwil.

“Kepada atlet yang telah berjuang secara maksimal membela daerahnya masing-masing, kami ucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Selain menjadi ajang seleksi untuk mengikuti PON Aceh-Sumut, Edy Natar mengungkapkan bahwa Porwil ini juga menjadi momen ajang silaturahmi insan olahraga se-Sumatera.

“Mari bersama majukan Indonesia melalui prestasi olahraga. Selamat dan sukses kepada juara,” pungkasnya.

Penutupan Meriah

Penutupan Porwil ini berlangsung meriah, dimana dihadiri ribuan penonton dan dimeriahkan oleh Dudy Oris mantan vokalis band Yovie and Nuno. Upacara penutupan diawali dengan penampilan pembuka serta defile bendera dan atlet.

Ditutup oleh Plt Gubernur Riau, acara penutupan ini juga menampilkan marching band dari Kabupaten Pelalawan. Kemudian diakhiri dengan pesta kembang api serta tari tradisional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.