Penyekatan Jalan Saat PPKM, Waktunya Disudahi

3264
Penyekatan Jalan Saat PPKM

Penyekatan jalan saat PPKM level 4 di Kota Pekanbaru menyebabkan terjadinya kemacetan dan penumpukan kendaraan.

Niat baik pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, memang harus diapresiasi. Masyarakat pun harus lebih patuh dan taat, dalam memberlakukan protokol kesehatan.

Namun ada satu hal yang sepertinya harus disampaikan kepada pemerintah khususnya Kota Pekanbaru untuk mengkaji ulang, kebijakan terkait dengan penyekatan jalan saat PPKM level 4 terutama pada jam-jam sibuk.

Bukan berarti, ketika masyarakat menolak terkait kebijakan ini, karena tidak patuh dengan ketentuan. Hanya saja, rasanya penting bagi pemerintah untuk mengkaji ulang. Apakah dengan cara penyekatan jalan bisa mengurangi kerumunan, atau malah menciptakan kerumunan baru.

Jawabannya, tentu malah menciptakan kerumunan baru. Bahkan di gang-gang atau jalan jalan yang lebih sempit. Jaga jarak bahkan tidak lagi bisa dilakukan, apalagi kalau sudah di jalanan.

Akibat penyekatan, perjalanan yang tadinya singkat memakan waktu lebih lama. Jarak tempuh yang tadinya lebih pendek, menjadi lebih panjang. Bagi pekerja jarak tempuh yang semakin panjang, akan menambah biaya dua kali lipat.

Banyak studi yang menyebutkan bahwa Covid-19, diakibatkan oleh imun yang menurun, dalam situasi saat ini apakah menjadikan imun masyarakat lebih kuat atau sebaliknya.

Jika memang kebijakan untuk menyelamatkan masyarakat dari Covid-19, ada baiknya pemerinta kembali mengkaji terkait dengan penyekatan terutama di jalanan dalam kota dalam setiap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).