Pendapatan Parkir di Pekanbaru Capai Rp9,08 Miliar

0
172
Pendapatan Parkir di Pekanbaru

Pendapatan jasa parkir di Pekanbaru yang sudah dihimpun oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mencapai Rp9,08 miliar. Yang mana dihasilkan dari awal Januari hingga akhir Agustus 2023 ini.

Dari pendapatan sebesar Rp9,08 miliar tersebut merupakan jasa layanan parkir pinggir jalan umum. Dimana pendapatan tersebut dihimpun sebagai pendapatan asli daerah (PAD) Pekanbaru.

Naik Signifikan

Jika dibandingkan, pada tahun 2023 ini pendapatan parkir di Pekanbaru mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun lalu. Demikian yang diutarakan oleh Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso, Selasa (5/9/2023).

Ia menjelaskan, pada tahun 2022 lalu Dishub Pekanbaru menghimpun dana layanan parkir sebesar Rp9 miliar lebih. Yakni mengalami surplus sekitar Rp1 miliar dari target yang sudah ditetapkan untuk jasa layanan parkir Pekanbaru tahun 2022 lalu.

Kejar Target

Kepala Dishub Pekanbaru tersebut menjelaskan jika tahun ini target PAD dari jasa layanan parkir Pekanbaru dari sektor tepi jalan umum adalah sebesar Rp16 miliar.

Meskipun sudah masuk bulan September 2023, namun pihaknya optimistis jika target yang sudah ditetapkan untuk jasa layanan parkir Pekanbaru tersebut dapat dikejar.

Sebab menurutnya, saat ini pengelolaan parkir pinggir jalan umum di Pekanbaru sudah melibatkan pihak ketiga yang lebih terarah dan terukur.

“Pelayanan juru parkir kepada masyarakat juga diutamakan,” ujar Yuliarso.

Nilai Kerja Sama Meningkat

Kepala Dishub Pekanbaru itu menambahkan, nilai kerja sama terkait jasa layanan parkir Pekanbaru antara Dishub Pekanbaru dan PT Yabisa selaku pihak ketiga terus ditingkatkan setiap tahun.

Sehingga menurutnya, keuntungan dari jasa parkiran di Pekanbaru bagi PAD Pemko Pekanbaru terus bertambah.

Tidak hanya itu, jasa layanan parkir Pekanbaru saat ini juga sudah menggunakan sistem Badan Layanan Umum Daerah selama dua tahun belakangan sehingga lebih teratur.

“Untuk jasa layanan parkir ini kita terus melakukan evaluasi bersama berbagai pihak, mulai dari DPRD, akademisi dan para aktivis,” tutup Yuliarso.

Bakal Terapkan Bayar Parkir Gunakan QRIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.