New PLN Mobile, Aplikasi Untuk Pelanggan PLN

328
New PLN Mobile

PT PLN (Persero) meluncurkan aplikasi layanan untuk pelanggannya, New PLN Mobile. Selain tampilan baru, aplikasi ini menghadirkan fitur baru.

Sebenarnya PLN telah mengeluarkan aplikasi mobile pada 31 Oktober 2016 lalu, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71.

Namun kali ini, aplikasi New PLN Mobile membuat pengembangan demi memberi layanan maksimal kepada masyarakat di masa pandemi ini.

Akses menggunakannya, Encik dan Puan harus login terlebih dahulu menggunakan alamat email seperti login dengan aplikasi pada umumnya. Kemudian masukkan ID Pelanggan agar bisa menyampaikan pengaduan kepada PLN.

Dalam 1 akun juga dapat menambah maksimal 4 ID Pelanggan. Jadi aplikasi ini sangat membantu masyarakat yang memiliki kontrakan atau kos-kosan dengan meteran listrik lebih dari satu.

Selain itu banyak ada juga kemudahan yang diberikan, berikut ini beberapa kemudahan yang dapat kita nikmati:

Kemudahan Pembelian Token & Pembayaran Tagihan

Pelanggan pascabayar bisa langsung membayar tagihan listriknya dan bagi pelanggan prabayar bisa membeli token langsung dari aplikasi. Cara pembayarannya juga dipastikan tidak membuat pelanggan repot karena bisa memilih berbagai akses seperti virtual account, debit online, kredit via Doku, E-Wallet: LinkAja, OVO, GOPAY.

Kemudahan Ubah Daya

Ajukan tambah daya tegangan listrik dengan mudah di aplikasi ini, segala proses administrasi penambahan daya bisa langsung dilakukan hanya menggunakan jari saja. Tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor PLN untuk mengurusnya.

Catat Angka Meter Mandiri

Periode catat angka meter mandiri di tanggal 24-27 setiap bulannya menjadi lebih praktis dengan mengunggah foto. Hal ini dilakukan agar dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan bisa sesuai dengan kondisi di lapangan.

Kemudahan Pengaduan Gangguan & Keluhan

Pengaduan gangguan dan keluhan listrik lebih cepat dan mudah. Para pelanggan bisa menyampaikan pengaduan gangguan dan keluhan pada aplikasi ini. Aktif selama 24 jam, PLN Mobile siap memberi jawaban dari pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan.

Kemudahan Memonitor Pemakaian Listrik Pascabayar

Bagi pelanggan PLN kategori pascabayar, kini tidak perlu lagi menyimpan struk pembayaran karena terdapat fitur history penggunaan listrik yang menampilkan rincian Rupiah pembayaran dan energi listik (kWh) pelanggan setiap bulannya.

Kemudahan Memonitor Pembelian Token

Pelanggan PLN Prabayar pernah lupa berapa token yang dibeli? Kini hal itu tidak akan terjadi lagi karena dengan adanya PLN Mobile pelanggan bisa memonitor history pembelian token.

Notifikasi Tagihan

Aplikasi ini juga akan mengirimkan notifikasi bayar listrik untuk mengingatkan pelanggan agar membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Informasi Progress Penyelesaian Gangguan

Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa mengetahui progress tindaklanjut pengaduan yang diajukan sampai dengan selesai.

Notifikasi Padam & Pemeliharaan

Pelanggan bisa mendapatkan notifikasi apabila akan diadakan pemadaman terencana, seperti pada proses pemeliharaan. Notifikasi untuk saat ini bisa diakses di pulau Jawa, Madura, dan Bali. Untuk daerah lain segera menyusul

Aplikasi ini dapat Encik dan Puan download melalui AppStore untuk pengguna iOS dan PlayStore untuk pengguna Android.