Naik Pesawat Masa New Normal? Perhatikan 7 Hal Ini

175
Naik Pesawat Masa New Normal

Naik pesawat masa new normal tentu berbeda dengan yang sebelumnya. Masa pandemi ini mengubah banyak kebiasaan kita.

Oleh karena itu, sebaiknya memperhatikan hal-hal penting apa saja ketika Naik Pesawat Masa New Normal ini agar aman dan bebas dari infeksi virus berikut ini:

Cek Kondisi Kesehatan
Selain tiket dan identitas diri, Ncik dan Puan perlu menyiapkan surat hasil Rapid Test atau PCR yang berlaku untuk tujuh hari. Apabila hasilnya non reaktif dan negatif maka Ncik dan Puan akan mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19.

Surat tersebut hanya berlaku untuk satu orang dan hasil rapid test berlaku selama tiga hari, sedangkan PCR berlaku selama tujuh hari.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Pilih Penerbangan Terakhir Untuk Menghindari Keramaian
Pemilihan jadwal penerbangan juga sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan untuk memilih penerbangan terakhir untuk menghindari keramaian. Penerbangan terakhir cenderung tidak banyak dipilih karena terlalu larut malam. Namun ini salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap aman naik pesawat saat pandemi ini.

Makan Sebelum Waktu Penerbangan
Untuk menghindari membuka masker saat berada di dalam pesawat, Ncik dan Puan perlu mengisi perut terlebih dahulu sebelum jadwal penerbangan. Ini cara agar tetap aman naik pesawat tanpa khawatir akan merasa lapar. Ncik dan Puan bisa makan terlebih dahulu saat masih di rumah. Atau pun kalau harus makan di bandara, cari restoran yang memiliki sirkulasi udara terbuka dan dapat menjaga jarak dengan pengunjung yang lainnya.

Pakai Face Shield
Sebagai lapisan tambahan, IATA merekomendasikan untuk mengenakan face shield buat penumpang maupun awak kabin. Di pesawat, risiko terbesar Ncik dan Puan adalah tertular virus dari orang-orang yang duduk bersebelahan dengan kita. Face shield akan lebih melindungi saat dikenakan bersamaan dengan masker penutup mulut dan hidung. Ini pun menurunkan risiko penularan lewat batuk atau bersin. Saat orang batuk dan bersin, cairan bisa tersemprot hingga beberapa meter. Penggunaan masker atau face shield pun bisa menghindarkan Ncik dan Puan dari aktivitas menyentuh wajah.

Sedia Hand Sanitizer dan Tisu Basah
Virus corona bisa bertahan di permukaan dalam waktu cukup lama. Jadi sangat penting untuk Ncik dan Puan membersihkan area tempat duduk dengan tisu basah atau desinfektan dalam kemasan semprot. Selain itu, jaga tangan tetap bersih dengan menggunakan hand sanitizer yang kandungan alkoholnya minimal 60 persen.

Jaga Jarak Dengan Orang Lain
Usahakan sebisa mungkin Ncik dan Puan benar-benar menjaga jarak fisik dengan orang lain. Namun buat penerbangan kelas ekonomi tampaknya ini sulit, pasalnya penumpang ditempatkan berdekatan seperti tanpa sekat. Sangat disarankan untuk membeli tiket penerbangan di luar ‘peak flight’ atau jam puncak dan perhatikan maskapai yang menawarkan penerbangan dengan batasan penumpang dan jarak antarpenumpang.

Kurangi Ke Toilet
Saat sudah berada di pesawat, kurangi kunjungan ke toilet atau sebisa mungkin tidak ke toilet. Ingat, virus corona bisa bertahan di permukaan selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Tak heran untuk maskapai, masalah kebersihan toilet sangat diperhatikan sehingga ada sebagian yang mempekerjakan staf kebersihan yang didedikasikan untuk membersihkan toilet terlebih maskapai yang melayani penerbangan panjang.

Nah, itulah sejumlah tips aman yang bisa Ncik dan Puan terapkan dari rumah hingga terbang dari bandara saat berlibur di era baru. Selalu ikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak maskapai saat berada di dalam pesawat sehingga perjalanan Ncik dan Puan menuju destinasi tujuan terasa aman dan nyaman.