Mahasiswa KKN UMRI Sebar Benih Lele Untuk Masyarakat

53
Mahasiswa KKN UMRI

Mahasiswa KKN UMRI melakukan kegiatan pelepasan benih ikan lele dan penanaman bibit pohon. Sebagaimana diketahui, meski tengah pandemi, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tetap menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Perum Griya Firdaus Permai, RT01/RW08, Kelurahan Tuahmadani, Kecamatan Tuahmadani, Pekanbaru, Selasa (14/9/2021) lalu.

Adalah Kelompok 5 KKN UMRI, Mahasiswa KKN UMRI, yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Seksi PPM Kecamatan Tuahmadani Herawati, Lurah Tuahmadani Rusmanto, Penyuluh Perikanan Agusmira, BABINKAMTIBMAS Ali Bakri, Perwakilan Greenpeace Mulyadi, Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok 5 UMRI Neng Sholihat, Tokoh masyarakat RT01/RW08 Tuahmadani, Ketua RW08 Tuahmadani Slamet, dan Ketua RT01 Tuahmadani Zulkarnain.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah melakukan pelepasan benih ikan lele. Pelepasan benih ikan lele ini dilakukan secara simbolis diwakili oleh Seksi PPM Kecamatan Tuahmadani, Lurah Tuahmadani, Penyuluh Perikanan, BABINKAMTIBMAS, Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok 5 Universitas Muhammadiyah Riau, dan RW08 Tuahmadani.

Selain kegiatan penyerahan benih ikan lele kegiatan yang dilakukan adalah penanaman bibit pohon. Penanaman bibit pohon yang dilakukan oleh KKN Kelompok 5 Universitas Muhammadiyah Riau diperoleh dari bantuan Dinas Kehutanan dan SMK Kehutanan dengan melaksanakan pengajuan proposal.

Bibit pohon yang didapat dari Dinas Kehutanan sebanyak 210 pohon. Adapun bibit-bibit pohon yang ditanam secara simbolis terdiri dari bibit pohon matoa, bibit pohon sirsak, bibit pohon durian, bibit pohon nangka, dan bibit pohon jengkol.

Penanaman bibit ini dilakukan secara simbolis oleh Seksi PPM Kecamatan Tuahmadani, Lurah Tuahmadani, BABINKAMTIBMAS, perwakilan Greenpeace, Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok 5 Universitas Muhammadiyah Riau, Tokoh masyarakat RT01/RW08 Tuahmadani, RW08 Tuahmadani dan RT01 Tuahmadani.

Dengan terlaksananya seluruh kegiatan tersebut Lurah Tuahmadani berharap “Semoga benih ikan lele yang dilepaskan dan bibit-bibit pohon yang telah ditanam dapat bermanfaat dan berkah”.