Ladang Minyak Baru Riau Akan Dibuka

0
227
Ladang Minyak Baru Riau

Provinsi Riau merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi di Indonesia. Dalam rencananya, kembali akan dibuka ladang minyak baru di Riau.

Adapun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) rencananya akan menetapkan Wilayah Kerja (WK) minyak baru di Bumi Lancang Kuning. Hal tersebut diucapkan oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini menerangkan jika lokasi ladang minyak baru tersebut berada di perbatasan dengan daerah tetangga. Yakni berbatasan dengan Provinsi Jambi, kemudian berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ladang Minyak Akan Dilelang

Mantan Bupati Siak dua periode ini mengungkapkan, untuk pengolahan ladang minyak baru tersebut nantinya akan dilelang oleh pemerintah.

Sehingga hal ini menurutnya patut disyukuri, karena Provinsi Riau ini dikaruniai sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya adalah sebagai ladang minyak.

Riau sendiri memang dikenal sebagai daerah yang kaya dengan potensi sumber daya alam minyak dan gas (migas). Diketahui sejumlah blok minyak dengan kontribusi yang besar berada di Riau, serta telah sejak lama beroperasi dan memberikan dampak positif di bidang perekonomian hingga bidang sosial.

Diungkapkan Syamsuar, saat Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Riau, ia mengatakan bahwa Riau ini kaya. Dimana di atas minyak dan di bawah minyak, bahkan di bawah minyak masih ada minyak lagi.

Meski demikian, ia mengakui bahwa untuk menggali minyak di bawah minyak tersebut membutuhkan teknologi tinggi.

“Selain itu juga untuk pengelolaannya, diperlukan uang yang cukup besar,” ujarnya.

Terus Berkoordinasi

Karena hal tersebut, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas ESDM rencananya akan berkoordinasi dengan Kementerian ESDM terkait titik koordinat ladang minyak baru. Tujuannya adalah untuk memastikan keselarasan dalam rencana pembukaan lapangan migas baru tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas ESDM Riau Evarefita mengatakan, jika pihaknya telah mendapat informasi terkait ladang minyak tersebut. Ia mengungkapkan, rencananya Kementerian ESDM akan berkonsultasi dengan pihaknya terkait wilayah kerja baru ladang minyak di Riau, yang akan diinvestasikan ke depannya.

“Namun hingga saat ini kami belum mendapat titik koordinat yang pasnya,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.