6 Kota Penuh Kejutan untuk Ide Liburan Bareng Keluarga

24

Liburan bareng keluarga di jaman sekarang, tentunya tak serumit 10 atau bahkan 20 tahun lalu. karena kini kita dengan mudahnya sekali mengecek jadwal dan info transportasi umum.

Selain tiket yang mudah didapat, ditunjang infrastruktur, moda transportasi umum berkembang dengan makin menyadari pentingnya kenyamanan penumpang. Jadi tentunya liburan bareng keluarga makin menyenangkan.

Animo masyarakat untuk liburan juga membuat banyak tempat wisata yang menawarkan konsep yang beraneka ragam, salah satunya wisata ramah anak. Sekarang pilihan tempat wisata menjadi semakin banyak dan mudah mencapainya. Beberapa kota besar di Indonesia ternyata memiliki kejutan manis bagi yang ingin mengajak keluarganya mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga, mana saja?

1. Semarang

foto:Pujiono JS/Beritagar.id

Tak ada salahnya untuk cek jadwal dan info PO bus Agra Mas untuk mengajak keluarga naik bus dan berwisata. Ibukota provinsi Jawa Tengah ini kini mudah dijangkau dari berbagai kota. Pesatnya pertumbuhan infrastruktur memungkinkan untuk mencapai Semarang sekitar 6 jam saja jalur darat dari Jakarta. Cukup ideal karena nggak bikin si kecil merasa kecapekan di perjalanan. Belum lagi inovasi PO bus yang menghadirkan armada bus double decker (dua dek) yang punya fasilitas premium.

Apa saja yang ditawarkan keluarga untuk liburan di Semarang? Yang paling nge-hits saat ini adalah Umbul Sidomukti dengan kolam renang bertumpuk yang menjulang ke atas. Di sini juga tersedia camping ground untuk mengajak anak-anak mengenal alam dengan lebih dekat. Semarang juga punya banyak museum yang bisa menambah pengetahuan si kecil, seperti Museum Perkembangan Islam, Museum MURI, Museum Ronggowarsito, hingga Museum Jamu Nyonya Meneer.

2. Jakarta

foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

Jangan khawatir karena di sekitar ibukota juga banyak tempat-tempat liburan yang ideal bagi keluarga, seperti menghabiskan sore hari di kawasan Kota Tua. Pelataran luasnya pasti bikin si kecil gembira berlarian sana-sini. Aneka jajanan tradisional khas Betawi juga tersedia untuk dinikmati, sekaligus memperkenalkan kuliner Indonesia pada anak-anak.

Untuk wisata hemat lainnya, kamu bisa ajak keluarga merasakan moda transportasi massal, seperti bus TransJakarta dan MRT. Manfaatkan angkutan ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya, seperti Monumen Nasional, Dunia Fantasi, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan banyak lagi.

3. Kudus

foto: Inibaru.id/Ida Fitriyah

Bagi keluarga muslim bisa bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang perjuangan Sunan Kudus dalam menyebarkan syiar Islam di Tanah Jawa, berikut dengan peninggalannya berupa Masjid Menara Kudus yang dibangun tahun 1549 dan tetap berdiri dengan kokoh hingga sekarang.

Kudus juga memiliki beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi keluarga, seperti Museum Kretek Kudus dan Museum Purbakala Patiayam. Jangan lupa untuk mengajak pasangan dan anak-anak berpetualang di Desa Wisata Rahtawu.

4. Solo

foto: brilio.net

Kalau datang sendirian mungkin kamu nggak sabar segera melangkahkan kaki ke Pasar Klewer. Tapi liburan keluarga di Solo harus lebih berwarna. Segarkan diri dengan bermain air sepuasnya di Pandawa Water World, menjajal kereta api kuno Jaladara yang menyusuri pinggiran jalan Kota Solo, Taman Balekambang, atau menikmati pemandangan kota di atas atap bus wisata kota Werkudara.

5. Wonogiri

foto: @seputar_wonogiri

Wonogiri adalah kota di daerah perbukitan Lawu. Banyak tempat wisata berhawa sejuk yang nggak hanya bikin kamu dan keluarga menikmati udara dingin, tapi juga menikmati indahnya alam Wonogiri yang asri.

Beberapa rekomendasi wisata keluarga yang wajib dicoba di Wonogiri adalah Telaga Claket, Puncak Joglo, Waduk Gajah Mungkur, Sendang Asri, hingga memelajari tradisi masyarakat Jawa di Museum Wayang.

6. Yogyakarta

foto: krjogja.com/FX Harminanto

Yogyakarta menjadi kota yang pas untuk mengakhiri petualangan keluarga kali ini. Pesonanya nggak hanya mengena bagi orang dewasa. Anak-anak kecil pun juga bakal tersihir dengan magisnya Kota Gudeg ini. Selain merasakan denyut nadi kehidupan masyarakat di Malioboro, ajak buah hati mengenal pusat budaya di Keraton Yogyakarta. Selanjutnya kamu bisa ajak mereka bermain dan belajar di Taman Pintar Yogyakarta, Sindu Kusuma Edupark, hingga bermain ilusi di De Mata Trick Eye Museum.

Yang kekinian pun juga ada di Yogyakarta. Liburan sambil makan es krim sepuasnya di Ice Cream World, peluk-pelukan dengan boneka beruang di Teddy Bear World, dan bergembira ria di Kids Fun Park.

Yuk, bikin liburan bareng keluarga kali ini terasa lebih istimewa. Naik bus antar-kota menuju destinasi-destinasi penuh warna. Segera pesan tiket bus di Traveloka, yang akan membawamu sampai ke kota-kota tersebut. Pesan tiket lewat online untuk kemudahan mendapatkan kursi bus yang sesuai dengan keinginan keluarga.