Kembangkan Ecoprint Fashion Lokal Hingga Go Internasional

0
248
Kembangkan Ecoprint Fashion Lokal

Alfira Oktaviani merupakan seorang mompreneur muda yang berasal dari Yogyakarta, ia sukses mendulang untung di bisnis ecoprint.

Berawal dari pembuatan fashion lokal dengan menggunakan teknik ecoprint, hingga kini karyanya semakin dinikmati para pecinta produk lokal khususnya ecoprint. Tidak hanya skala lokal, namun brand fashion milik penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2022 itu sukses menggait pasar hingga luar negeri dan go internasional.

Siapa sangka dengan bermodalkan kecintaan terhadap dunia fashion, seorang ibu rumah tangga tersebut mampu menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus berinovasi.

Alfira Oktaviani memberi nama brand fashion lokal ecoprint miliknya Semilir Ecoprint, yang merupakan brand eco fashion yang digagas oleh salah seorang peraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2022 itu.

Semilir Ecoprint tersebut di bangunnya dengan tujuan ingin memperkenalkan budaya fashion berkelanjutan yang ramah lingkungan di Indonesia melalui teknik ecoprint.

Menjadi seorang mompreneur muda dengan lulusan sarjana apoteker Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tidak menjadi penghalang bagi Alfira Oktaviani untuk terus belajar berinovasi untuk menghasilkan produk yang bisa dicintai banyak orang, salah satunya di bidang fashion.

Selanjutnya, kecintaannya terhadap fashion dan seni membuatnya tertarik mempelajari seni ecoprint yang baru masuk Indonesia di kisaran tahun 2016. Alfrira penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2022 itu menceritakan bagaimana awal mulai memulai usaha brand fashion lokal dengan teknik ecoprint.

Dia mengaku jika dengan tekad yang kuat, serta keterampilan yang dimiliki ketika kuliah jurusan apoteker menjadi salah satu modal dalam mendirikan Similir Ecoprint miliknya. Kemudian, bermodalkan uang Rp 500 ribu ketika memulai usaha tersebut, namun sudah bisa go internasional merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Alfira.

Bekal saat kuliah apoteker, mata kuliah manajemen bisnis, morfologi tumbuhan hingga teknik kimia sangatlah berguna dalam memulai usaha dan mengembangkan bisnis Semilir ini.

Awalannya bisnis ecoprint milik mompreneur itu hanya memproduksi tas wanita. Akan tetapi sering dengan berjalannya waktu, Alfira terus berinovasi mengikuti permintaan pasar.

Bahkan sampai saat ini peraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2022 ini juga memproduksi kain ecoprint, baju hingga homedécor bertema ecoprint.

Adapun target pasar dari produk yang dibuat oleh Alfi adalah wanita perkotaan dengan range usia di atas 25 tahun dengan kelas ekonomi A serta memiliki green natural life style dan mencintai produk handmade dan lokal.

Jika dibandingkan dengan produk lokal lainnya yang memiliki bisnis ecoprint, keunggulan produk Semilir yakni memadukan warisan budaya Indonesia di setiap produk.

Salah satunya, inovasi produk ecoprint pada media kulit kayu lantung (program mengusung lantung Bengkulu dengan keindahan ecoprint). Serta hasil ecoprint Semilir memiliki motif yang tegas dan warna yang khas, dengan warna earthy-pastel.

Sampai saat ini usaha Ecoprint milik Alfira Oktaviani semakin banyak dikenal orang, sehingga tidak heran jika usahanya semakin banyak diminati dan bisa go Internasional. Serta menjadi motivasi bagi anak muda Indonesia terus berkarya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.