Kasus DBD Di Riau Mencapai 2.102 kasus, 14 Diantaranya Meninggal

17
Kasus DBD Riau

Sepanjang 2022 kasus DBD di Provinsi Riau Mencapai 2.102 kasus dan terdapat 14 kasus yang meninggal dunia.

Apa itu DBD?

Encik dan Puan, DBD atau Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Biasanya penyakit ini berada di daerah tropis dan subtropis seperti Asia Tenggara.

14 kasus meninggal dunia akibat DBD

Sepanjang tahun 2022 hingga bulan November lalu, sudah ada 14 kasus kematian akibat Demam Berdarah Dengue (DBD) di Riau. hal ini dilaporkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau

Hingga saat ini  total kasus demam berdarah se-riau sudah mencapai 2.102 kasus

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, Rabu (14/12/2022) menyampaikan, pihaknya sudah memberikan surat kepada Dinas Kesehatan kabupaten kota agar dapat mewaspadai kenaikan kasus demam berdarah di Provinsi Riau ini.

Kota Pekanbaru menjadi kabupaten kota yang memiliki kasus DBD terbanyak

Kasus demam berdarah di Pekanbaru menjadi kasus terbanyak dari seluruh kabupaten kota yang ada di Riau.

“Se Riau memang di Kota Pekanbaru paling tinggi. Kita akan koordinasi dengan Kadiskes Pekanbaru,” pungkas Zainal.

Upaya agar terhindar dari penyakit DBD

Zainal juga menghimbau kepada masyarakat untuk memiliki juru pemantau jentik (Jumantik) di setiap ruah, hal ini himbau agar kasus demam berdarah dengue ini tidak terus bertambah.

“Mulai dari kamar mandi tempat bersarang. Karena kalau tiga hari sekali kita kuras dan bersihkan, itu pasti tidak ada telur, kalau tidak ada telur tidak ada jentik, dan kalau tak ada jentik pasti tak ada nyamuk. Jadi 3 M itu yang harus di giatkan,” himbaunya.

Encik dan Puan juga dapat melakukan beberapa hal untuk terhindar dari penyakit DBD ini, yakni dengan cara menggunakan pakaian yang tertutup saat mengunjugi daerah yang banyak nyamuk.

Kemudian menggunakan obat nyamuk seperti permetrin dan gunakan AC atau kelambu yang dipasang di ventilasi tempat tidur.

Jika Encik dan Puan merasa mengalami gejala dari demam berdarah, segera lakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit agar dapat ditindak lanjuti dengan prosedur yang tepat.