Kalender Event Pariwisata Riau 2022 Resmi Diluncurkan

193
Kalender Event Pariwisata Riau

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar resmi meluncurkan kalender event pariwisata Riau 2022 di Hotel Novotel, Pekanbaru, Selasa (22/3/2022) malam.

Ajang Promosi Wisata di Riau

Mengangkat tema “The Soul of Zamatera”, acara ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

Selain itu juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memberdayakan potensi lokal di Provinsi Riau.

Kalender event pariwisata Riau 2022 juga diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Hasil Kolaborasi Semua Pihak

Gubri Syamsuar menyampaikan apresiasi atas diluncurkannya kalender pariwisata Riau ini. Menurutnya, ini merupakan bentuk kolaborasi yang luar biasa antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta pelaku industri pariwisata.

“Ada pula peran influencer dan YouTuber di Riau yang mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Riau,” sebut Gubri.

Pemprov Riau Komitmen Majukan Pariwisata

Gubri mengungkapkan, Pemprov Riau terus berkomitmen menjadikan industri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu alternatif peningkatan perekonomian daerah.

“Hal ini tentu juga butuh kolaborasi serta dukungan semua pihak dalam pembangunan industri pariwisata dan ekonomi kreatif berkelas dunia,” ujarnya.

Diapresiasi Sandi Uno

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan rasa bangga dan apresiasi sebagai putra asli Riau atas diluncurkannya event pariwisata Riau 2022 ini.

Ia menginginkan, event pariwisata Riau 2022 dapat menemukan langkah-langkah strategis untuk mengembangkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja di sektor parekraf di Riau.

Serta diharapkan pula kegiatan tersebut menjadi salah satu cara untuk mempromosikan destinasi wisata agar menarik bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

“Sebagai putra asli Riau, saya sangat bangga dengan Calendar of Events ini. Saya akan berencana hadir pada beberapa kegiatan events ini. Nanti akan diatur oleh Kepala Dinas Pariwisata Riau, Pak Roni Rakhmat,” katanya.

Strategi Dispar Riau

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat membeberkan beberapa strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata provinsi Riau dalam meningkatkan promosi terhadap potensi-potensi yang dimiliki Riau.

Adapun strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata Riau adalah penyelenggaraan event pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas serta dilaksanakan secara konsisten setiap tahun.

“Event pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran strategis sebagai roda penggerak perekonomian daerah. Selain menjadi salah satu sarana promosi, potensi pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menarik minat wisatawan juga memiliki dampak langsung bagi perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Launching Kalender Event Pariwisata Riau 2022