Jemaah Calon Haji Riau Dijadwalkan Mulai Berangkat Bulan Mei 2023

0
91
Jemaah Calon Haji Riau

Jemaah Calon Haji Riau dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada bulan Mei 2023.

Nantinya, kloter pertama Riau akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi masuk ke dalam kloter Batam.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin mengatakan, bahwa pada tanggal 23 Mei nanti para calon jemaah akan masukan asrama untuk menginap satu malam.

Kemudian pada pagi harinya tanggal 24 Mei akan diterbangkan ke Batam dan selanjutnya akan ganti pesawat dan langsung terbang ke Arab Saudi.

Kloter pertama Riau diprediksi akan berisi Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kota Pekanbaru. Namun, saat ini Kanwil Kemenag Riau masih menunggu kesiapan dokumen dari tiap-tiap daerah.

Jumlah Jemaah Dalam Satu Kloter

Mahyudin mengatakan bahwa ada sebanyak 374 orang CJH pada Provinsi Riau yang tergabung dalam kloter pertama.

Jumlah ini berbeda dari tahun 2022, pada tahun 2022 ada sebanyak 450 orang dalam satu kloter.

Jumlah Kloter pada Tahun Ini

Ia juga mengungkapkan perbedaan jumlah orang dalam satu kloter tersebut dikarenakan kapasitas yang digunakan jamaag untuk terbang ke Arab Saudi lebih kecil dari pada pesawat yang digunakan pada tahun lalu.

Pengurangan pada jumlah jamaah ini tentunya sangat berpengaruh pada jumlah kloter. pada tahun ini jumlah kloter Jemaah Calon Haji Riau ada sebanyak 13 setengah kloter, sedangkan pada tahun sebelumnya ada 11 kloter.

“Dari sisi jumlah tidak berkurang, hanya jumlah dalam kloter saja yang berkurang, makanya jumlah kloter nya bertambah, tahun sebelumnya 11 kloter, tahun ini 13 setengah kloter,” Mahyudin.

Jatah Provinsi Riau

Diketahui, pada musim haji tahun ini Provinsi Riau mendapatkan jatah sebanyak 5.037 orang yang terdiri dari 4.795 jemaah berdasarkan urutan porsi dan 252 jemaah prioritas lansia. Nantinya jemaah ini akan diberangkatkan melalui Embarkasi Batam.

Biaya yang Harus Lunas

Pada tahap pelunasan, jemaah haji harus membayar sebesar Rp 87.667.245,26 dikurangi dengan nilai manfaat maka besar bipih Embarkasi Batam sebesar RP Rp 47.429.308,26.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.