Info Rekrutmen CPNS 2016

0
148
Sumber: Riau Live

Pada pertengahan tahun 2016 ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berencana akan membuka rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Akan ada sekitar 70 ribu lowongan PNS yang dibuka oleh BKN pada tahun ini. Meski belum dibahas secara lebih lanjut, rencana ini telah diarahkan kepada mahasiswa kedinasan.

Dikatakan oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Kamis (26/5), bahwa rencana rekrutmen CPNS ini akan dimulai sekitar bulan Juni atau Juli mendatang.

Bima kemudian menjelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan proses seleksi CPNS berlangsung panjang, sehingga rekrutmen CPNS tidak dilaksanakan pada akhir tahun.

Tak hanya merekrut CPNS yang berasal dari mahasiswa kedinasan, rekrutmen ini juga dibuka untuk bidang lainnya. Adapun perekrutan ini adalah untuk mendukung program Nawacita Presiden Jokowi.

Untuk bidang yang diutamakan adalah bidang yang mendukung program Nawacita, yakni profesi guru, bidan, dokter, perawat tenaga kerja Indonesia yang berkelanjutan, seperti kelautan.

Menurut Bima, bidang kelautan ini sendiri diperlukan untuk menunjang dunia maritim. Sehingga nanti juga akan dicari nakhoda serta juru mudinya.

Selain bidang kelautan, dikatakan oleh Bima, bahwa bidang yang mendukung ketahanan pangan nasional dan para penyuluh pertanian serta perkebunan juga diperlukan.

Sementara itu untuk bidang yang tidak dibutuhkan, tentunya tidak akan dibuka. Untuk proses seleksi CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.