Hujan Ekstrem di Pekanbaru Hingga Mei, Warga Perlu Waspada

0
95
Hujan Ekstrem di Pekanbaru

Encik dan puan diperkirakan hingga pertengahan Mei 2023 di Kota Pekanbaru masih akan tetap mengalami hujan ekstrem.

Waspada Hujan Ekstrem di Pekanbaru

Terkait hal ini, seluruh warga Kota Pekanbaru diminta untuk agar waspada terhadap fenomena tersebut. Apalagi saat ini masih dalam suasana lebaran. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra.

Dikarenakan saat ini warga masih ada yang mudik, pihaknya akan tetap siaga 24 jam untuk melakukan pemantauan dan aksi. Selain itu ia juga mengimbau untuk para pemudik agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan. Terutama melihat situasi saat ini yang panas dan tiba-tiba hujan.

Berdasarkan informasi BMKG, musim hujan dengan intensitas tinggi akan terus berlangsung di Kota Pekanbaru hingga pertengahan Mei 2023.

Sesuai arahan Pj Wali Kota Pekanbaru, mitigasi bencana sudah dilaksanakan BPBD dengan melakukan normalisasi sungai Sail yang diharapkan dapat mengurangi bencana banjir di wilayah rawan dan terdampak.

Hujan Es di Pekanbaru

Sebelumnya, kabar mengejutkan pernah terjadi di Kota Pekanbaru yakni fenomena hujan es pada 25 Maret 2023 sore hari.

Butiran es pada fenomena hujan es ini diperkirakan sebesar kelereng hingga kurma sehingga ketika butiran es ini jatuh di atas atap rumah terdengar seperti bebatuan.

Hal tersebut langsung dijelaskan oleh Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Yasir Prasuna yang mengatakan, bahwa hujan es di Pekanbaru ini merupakan salah satu fenomena alam yang dapat terjadi akibat adanya pemanasan global yang cukup tinggi

Dikarenakan pemanasan global yang cukup tinggi ini maka terjadilah pembentukan awan yang cukup masif, yakni awan hitam tebal atau yang dikenal dengan sebutan awan cumulonimbus.

Melansir dari situs resmi BMKG, hujan es merupakan salah fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam sekala lokal dan ditandai dengan jatuhnya butiran es dari awan. Hujan es ini dapat terjadi dalam periode singkat saja.

Hujan es ini biasanya disertai dengan hujan intensitas lebat serta kilat atau petir dan angin kencang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.