Hobi Koleksi Figure? Ternyata Ini Bisnis Dalam Hobi loh!

33
Hobi Koleksi Figure

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda, dari hobi yang tak membutuhkan biaya sampai yang menguras kantongseperti hobi koleksi action figure.

Hobi ini biasanya jatuh pada mereka yang senang menonton anime atau game tertentu. Selepas nonton, mereka akan mengoleksi mainan salah satu karakter kesukaan dari anime tersebut.

Action figure merupakan mainan tiruan karakter yang berdasarkan anime, komik, video game, dan serial televisi. Hobi koleksi action figure kini sedang menjadi tren di berbagai kalangan. Meski terkesan hanya mainan, action figure bukanlah hobi yang murah.

Lantas mengapa mengoleksi action figure disebut bisnis dalam hobi? Berikut alasannya:

Mainan Yang Sulit Diciptakan

Mainan Yang Sulit Diciptakan

Action figure dibuat dengan metode Sclupting, atau kita sebut saja Sclupt. Apa itu sclupting? Sclupting atau sclupt itu adalah teknik memahat yang membentuk suatu tekstur, seperti bagian wajah, detail kecil di pakaian atau sebagainya. Ini salah satu alasan mengapa action figure memiliki nilai jual yang tinggi bahkan hingga jutaan rupiah loh Ncik dan Puan.

Dibuat Dengan Terbatas

Dibuat Dengan TerbatasHobi Koleksi Figure

Mungkin sebagian dari Ncik dan Puan masih merasa aneh, kok mainan aja mahal sih? Namun bagi para kolektor figure, terutama pengoleksi limited edition, harga mahal sangat sebanding dengan apa yang mereka dapatkan. Karena diproduksi terbatas inilah figure bisa menjadi investasi untuk para kolektor di kemudian hari harganya bisa menjadi berkali-kali lipat.

Aksesoris Pemanis dan Penambah Harga

Aksesoris Pemanis dan Penambah Harga

Aksesoris tambahan pada figure seperti senjata tambahan, atau printilan-printilan lainnya juga bisa mempengaruhi harga loh Ncik dan Puan.

Contohnya, ada beberapa action figure tanpa senjata yang dijual dengan harga lebih murah dan ada juga action figure dengan karakter yang sama tetapi dengan senjata justru lebih mahal.

Bagi kolektor, senjata atau printilan seperti ini juga penting, apalagi printilan yang besar karena akan sangat mempengaruhi figurenya.

Sekarang Ncik dan Puan mengertikan mengapa action figure memiliki nilai jual beli yang fantastis? Action figure juga bukan termasuk jenis mainan yang boleh dimainkan oleh anak-anak ya, karena beberapa faktor yang sudah dijelaskan tadi.

Hobi ini juga tidak melulu perihal menghabiskan atau menghasilkan uang loh, karena mengoleksi action figure juga membuat para kolektor memiliki kepuasan tersendiri ketika merakit mainan ini. Salah satu keuntungan dari mengoleksi mainan ini ialah melatih diri untuk lebih bertanggung jawab dan menjaga barang dengan baik.

Adakah salah satu dari Ncik dan Puan yang menjadi kolektor mainan bernilai tinggi ini?