Hari Kanker Sedunia, Ini Sejarahnya

0
435
Hari Kanker Sedunia

Tiap tanggal 4 Februari, diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Kampanye tentang kesadaran akan penyakit kanker ini sendiri telah dimulai sejak tahun 2000 yang lalu.

Sejarah Singkat

Dalam acara World Summit Against Cancer for the New Millennium di Paris, UICC sebagai organisasi internasional kanker paling besar dan tertua di dunia menginisiasi lahirnya Hari Kanker Sedunia.

Adapun tujuannya adalah:

  • Untuk mempromosikan riset kanker
  • Pencegahan kanker
  • Peningkatan pelayanan pasien kanker
  • Kesadaran akan kanker
  • Mendorong komunitas global untuk bersama-sama melawan kanker.
Tema Berbeda Tiap Tahunnya

Direktur Jenderal UNESCO saat itu, Koichiro Matsuura, bersama dengan mantan Presiden Prancis Jacques Chirac menandatangani Piagam Paris Melawan Kanker.

Setiap tahun sejak itu, Hari Kanker Sedunia ditandai dengan tema yang berbeda. Kampanye Hari Kanker Sedunia berusaha untuk meningkatkan kesadaran dan menghilangkan stigma seputar penyakit ini.

Penyebab Kematian Nomor Dua di Dunia

Meski bukan penyakit menular, tetapi kanker kini telah menyerupai epidemi. Hingga sekarang, jenis kanker yang paling umum diderita adalah kanker paru-paru, payudara, dan prostat.

Saat ini kanker menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia. Kanker membunuh orang lebih banyak daripada total kematian akibat AIDS, tuberkulosis, serta malaria.

Cara Mencegah Kanker

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga kanker dapat dicegah melalui perubahan pola hidup yang lebih sehat.

Langkah sederhana untuk mencegah penyakit kanker bisa dengan berhenti merokok, kurangi asupan daging merah dan yang diproses, berolahraga dengan rutin, serta mengurangi asupan alkohol.

Diharapkan Jadi Gerakan Positif

Dilansir dari laman resmi World Cancer Day, para penderita kanker berharap beban mereka dapat berkurang dengan banyaknya dukungan dari seluruh masyarakat dunia.

Pada perkembangannya, peringatan Hari Kanker Sedunia menjadi gerakan positif, terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menjaga kesehatan supaya terhindar dari penyakit kanker.

Berbagai dukungan kemudian diberikan oleh komunitas, organisasi, pemerintah, rumah sakit, dan lainnya dalam bentuk kegiatan dan acara yang ditujukan sebagai bentuk dukungan bagi para penderita kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.