Hal Penting Tentang ASI Yang Harus Diperhatikan

68
Hal Penting Tentang ASI

Berbicara mengenai Air Susu Ibu (ASI), tentunya semua paham manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Namun ada hal penting tentang ASI yang harus diperhatikan.

ASI merupakan suatu cairan yang super penting untuk diberikan kepada anak. Karena saat ibu menyusui ibu akan melihat anak dengan kasih sayang, dan merasakan detak jantung bayinya.

Ada berbagai hal penting tentang ASI yang harus diperhatikan terkait dengan menyusui, yang harus dilakukan oleh seorang ibu untuk memberikan air susunya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memyusui diantaranya:

  1. Dagu dan Payudara ibu harus nempel.
  2. Ritme anak menyusui yang yang harus diperhatikan. Artinya adalah saat menyusui bayi melakukannya dengan perlahan.
  3. Posisi bayi harus menghadap ke ibu.
  4. Waktu menyusui jika posisinya bener 10 sampai 15 menit akan cukup.

Kenyamanan yang juga bisa dirasakan oleh seorang ibu dan anak timbul saat menyusui, karena anak akan bersentuhan dengan ibu secara langsung.

“Saat menyusui, ibu harus melihat dan mengelus si bayi, jangan menyusui sambil main gadget atau aktivitas lain. Ini akan berpengaruh terhadap sikap anak ketika dewasa,” ungkap dr. Dewi Robinar, Sp.Ak.

Untuk menghindari bengkak pada payudara ibu, menyusui harus dilakukan dengan cara bergantian. Dimulai dari kanan, kemudian kiri.

Jika akan kembali menyusui harus terlebih dahulu dimulai dari kiri. Minggu pertama, Puan pastikan selama 7 hari, minimal 12 sampai 14 dalam sehari.