Festival Lampu Colok 2014

16
Sumber: skyscrapercity.com

Seperti tahun-tahun yang lalu, kali ini Festival Lampu Colok diadakan oleh Pemko Pekanbaru di Kecamatan Bukit Raya yang ditunjuk sebagai tuan rumah even tahunan tersebut.

Seperti yang dikutip dari MCRiau, untuk memeriahkan even ini, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pekanbaru menyiapkan segala sesuatu untuk membantu tuan rumah.

Walaupun Kecamatan Bukit Raya ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Lampu Colok, kecamatan lainnya juga diminta untuk membuat kegiatan serupa. Demikian yang diutarakan oleh Kepala Disbudpar Pekanbaru, Hermanius.

Lampu colok merupakan penerangan sederhana yang dibuat dari botol kaca atau kaleng kecil kemudian diberi sumbu dan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Kemudian botol-botol ini disusun membentuk masjid yang menghiasi setiap sudut kota di Pekanbaru.

Festival Lampu Colok merupakan budaya tradisional warisan masyarakat Melayu. Even tahunan ini biasanya diadakan mulai 27 Ramadhan sampai dengan 30 Ramadhan untuk memperingati malam Lailatul Qadar dan menyambut gembira datangnya Hari Raya Idul Fitri.