Empat Cara Jitu Mulai Menabung Setelah Kerja Tanpa Punya Tabungan!

0
120

Sudahkah kamu mulai menabung? Bagi para pekerja yang masih fresh graduate ataupun sudah lama bekerja, ternyata masih cukup banyak yang merasa sulit untuk benar-benar menyisihkan sebagian penghasilannya untuk sekedar menabung. Ada banyak alasan yang dikemukakan, misalnya biaya hidup yang tinggi atau ingin menikmati masa muda dulu. Akibatnya, banyak orang yang meski sudah lama bekerja, tetap saja hampir tidak punya tabungan. Motivasi untuk menabung tentu ada berbagai macam. Misalnya, untuk pergi liburan keliling dunia, untuk memiliki apartemen sendiri, atau untuk memiliki simpanan pension yang melimpah. Agar motivasi tersebut bisa membuat kamu menabung dengan konsisten, kamu perlu menerapkan beberapa cara dari halomoney.co.id berikut ini. Check this out!

1. Buat perkiraan budget bulanan

Jika kamu tidak membuat perkiraan pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya, maka kamu tidak akan tahu seberapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan. Jadikan budget ini sebagai target jumlah tabungan setiap bulannya. Budget bulanan dapat kamu susun dimulai dari keperluan yang bersifat rutin, menengah sampai dengan tidak rutin atau darurat dan tiba-tiba.

2. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening sehari-hari

Banyak orang yang menggabungkan rekening untuk tabungan dengan rekening untuk transaksi sehari-hari. Akibatnya, mereka mudah tergoda untuk menggunakan uang yang ada di rekening harian kamu. Kalau kamu punya beberapa jenis tujuan menabung (misal untuk pendidikan dan untuk persiapan pension), buatlah satu rekening untuk setiap tujuan tersebut.

3. Pakai fasilitas auto-debit saat tanggal terima gaji

Kalau kamu menunggu sampai akhir bulan berikutnya baru mulai menabung, maka kecenderungannya adalah kamu akan menghabiskan gaji kamu tanpa disadari. Sebaiknya langsung pindahkan ke rekening tabungan kamu saat kamu mendapatkan gaji, atau gunakan fasilitas auto debet agar kamu ‘dipaksa’ untuk menyisihkan penghasilan kamu.

4. Catat setiap pengeluaran yang dilakukan

Ada dua manfaat dari melakukan hal ini: Kamu jadi secara sadar mengetahui berapa banyak yang kamu keluarkan dan juga menjadi dasar untuk merevisi budget bulanan kamu. Jika kamu malas mencatat setiap hari, gunakan aplikasi smartphone untuk mempermudah kamu mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.