Disperindag Kota Pekanbaru Akan Sidak Pasar

0
163
Disperindag Kota Pekanbaru Akan Sidak Pasar

Guna mengecek harga bahan pokok, tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar.

Kegiatan sidak tersebut untuk menyikapi kenaikan harga bahan pokok serta memastikan kenaikan harga bukan karena ada penimbunan atau permainan oknum tidak bertanggung jawab.

Bersama Tim Satgas BBM

Diungkapkan oleh Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, pihaknya bakal memastikan kenaikan harga bahan pokok tersebut bersama tim satgas BBM dan elpiji bersubsidi.

Adapun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sendiri, ungkap Ingot, telah membentuk tim satgas pengawasan penyaluran BBM dan elpiji bersubsidi.

Untuk BBM sendiri, Ingot mengatakan bahwa Pemko Pekanbaru hanya ingin memastikan penyaluran BBM bersubsidi yang dikurangi. Selain itu tim juga ingin memastikan penyaluran elpiji subsidi tepat sasaran.

“Penyaluran elpiji subsidi ini untuk keluarga pengguna dan pelaku UMKM,” jelasnya.

Stimulasi Harga

Sementara untuk komoditi pangan lainnya, ungkapnya, nanti ada stimulasi terhadap harga. Ada juga rencana pemerintah kota bakal melakukan stimulasi harga.

Lebih lanjut Ingot menyebutkan bahwa sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, Pemko Pekanbaru bisa menggunakan biaya tidak terduga. Untuk formulasinya sendiri kini tengah dikaji oleh BPKAD Kota Pekanbaru karena menggunakan APBD.

“Nantinya stimulasi ini seusai dengan kemampuan keuangan daerah,” tutupnya.

Gelar Pasar Murah

Selain melakukan sidak ke pasar, Disperindag Kota Pekanbaru rencananya akan menggelar kegiatan pasar murah. Dikutip dari pekanbaru.go.id, pasar murah tersebut akan dilaksanakan di Kampung Merah Putih, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani.

Sebagai informasi, pasar murah ini hanya akan digelar pada tanggal 28 Agustus 2022 mendatang dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI di Pekanbaru. Untuk kegiatan pasar murah ini, Disperindag bekerja sama dengan Bulog di Pekanbaru. Sehingga harga-harga produk yang dipasarkan pada pasar murah ini berkisar pada harga distributor.

Selain menggelar pasar murah, Pemko Pekanbaru juga rencananya akan menggelar vaksinasi massal dan layanan kesehatan. Juga ada bantuan sosial bagi penyandang disabilitas, dan kegiatan donor darah dengan menggandeng PMI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.