Berobat Pakai KTP Pekanbaru, Begini Caranya

0
293
Berobat Pakai KTP Pekanbaru

Sejak akhir Juli lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan berobat pakai KTP di Pekanbaru.

Berobat pakai KTP di Pekanbaru tersebut merupakan program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah yang diluncurkan Pemko Pekanbaru. Dimana hal tersebut sejalan dengan capaian Universal Heatlh Coverage (UHC) di Kota Pekanbaru.

Dengan program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah tersebut, maka semua masyarakat dapat dijangkau. Khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan.

Caranya

Melalui program itu, nantinya masyarakat bisa datang berobat ke berbagai lokasi fasilitas kesehatan (faskes) hanya dengan menggunakan KTP. Selanjutnya, petugas di faskes tersebut yang akan membantu masyarakat untuk bagian pendaftarannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, menerangkan jika ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat untuk bagian pendaftarannya.

Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Foto Copy KTP Pekanbaru (NIK online)
  • Foto Copy Kartu Keluarga Kota Pekanbaru
  • Surat pernyataan peralihan (untuk yang pindah dari PBPU Mandiri)
  • Surat pernyataan bersedia dirawat di Kelas 3 selama minimal 12 bulan
  • Surat pernyataan dengan materai Rp10.000
  • Surat permintaan pendaftaran dari Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP)
  • Surat keterangan rawatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL)
Alur Pendaftaran

Diterangkan Zaini jika alur pendaftaran berobat adalah sebagai berikut:

  • Petugas faskes atau rumah sakit mengirim data ke petugas BPJS Kesehatan
  • Nantinya PIC BPJS melakukan aktivasi maksimal 3 X 24 jam
  • Jika NIK tidak online, maka petugas BPJS Kesehatan akan mengirimkan data kembali ke tim pelaksana Program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah tersebut
  • Lalu akan ditindaklanjuti oleh tim Program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah untuk disampaikan ke peserta
Dibayarkan Pemko

Zaini mengungkapkan, masyarakat yang ingin mendapatkan jaminan kesehatan melalu program ini tidak perlu khawatir. Sebab premi kepesertaan dibayarkan Pemko Pekanbaru.

Saat ini Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan anggaran hingga puluhan miliar untuk Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah tersebut. Dimana nantinya masyarakat yang terdaftar melalui program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah akan menjadi peserta JKN segmen PBPU Pemda ke BPJS Kesehatan.

Nantinya, Pemko Pekanbaru akan segera menerbitkan panduan berkat dengan jenis layanan maupun prosedur dari program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.