April, Harga BBM Turun

0
179
SPBU

Mulai 1 April besok (Jumat), pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga BBM (bahan bakar minyak) jenis premium dan solar sebesar Rp 500 per liternya. Sehingga harga premium dari Rp 6.950 per liter turun menjadi Rp 6.450 per liter.

Sedangkan harga solar dari Rp 5.650 per liter turun menjadi Rp 5.150 per liter. Sayangnya kebijakan ini tidak berlaku untuk harga minyak tanah. Penurunan ini diungkapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/3).

Sudirman juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan tetap mengkaji ulang harga BBM setiap tiga bulan sekali sesuai dengan formulasi yang selama ini digunakan, yakni dengan tidak melepaskan harga BBM sepenuhnya kepada mekanisme pasar.

Sebelumnya Pertamina mulai kemarin (Rabu, 30/3), telah memangkas harga jual eceran BBM nonsubsidi rata-rata Rp200 per liter. Bahan bakar yang turun adalah pertalite, pertamax, pertamax plus dan Pertamina Dex.

Untuk di Provinsi Riau sendiri, harga Pertamax Plus turun dari Rp 8.900 menjadi Rp 8.700, Pertamax Dex dari Rp 9.450 menjadi Rp 9.250, sedangkan harga Pertalite turun dari Rp 7.700 menjadi Rp 7.500.

Kebijakan ini juga akan berdampak pada tarif angkutan umum, yang mana tarif angkutan umum akan turun sebesar tiga persen. Penurunan tarif angkutan umum ini berlaku untuk angkutan penyeberangan (laut dan sungai), angkutan kereta serta angkutan transportasi darat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.