APR X MUFFEST 2024: Tampilkan Koleksi Modest Fashion

0
829
APR X MUFFEST 2024

Event Asia Pacific Rayon (APR) X MUFFEST 2024 yang belangsung pada 8-11 Agustus 2024 di Istora Senayan, Jakarta, berlangsung seru banget! Ada berbagai fashion outfit yang ditampilkan juga keren keren.

Kolaborasi Dengan 6 Brand Lokal

Melalui event APR X MUFFEST 2024, produsen serat viscose rayon berkelanjutan ini terus memperkuat komitmennya dalam mendukung fashion berkelanjutan di Indonesia. Kali ini dengan melakukan kolaborasi bersama enam brand lokal.

Adapun keenam brand lokal tersebut yakni Batik Trusmi, Sritex, Siti Khadijah, Aruna Creative, Larusso, dan Cotton in Lace. Yang mana masing-masing brand tersebut berhasil menerjemahkan konsep sustainable modest fashion dengan tetap mempertahankan ciri khasnya.

Ada 60 koleksi yang ditampilkan, merupakan hasil kolaborasi APR bersama enam brand lokal pada fashion show tanggal 10 Agustus 2024. Yang lebih kerennya lagi hasil koleksi yang chic dan modis ini merupakan gabungkan inspirasi dari alam dan budaya Indonesia, loh!

Ramah Lingkungan

Tema yang diusung dalam fashion ini adalah “Redefining Fashion for Better Future”. Jadi seluruh koleksi menggunakan serat viscose rayon APR sebagai material utama, yang dikenal sebagai salah satu material yang mendukung keberlanjutan.

Dengan mengusung konsep Plantation to Fashion, produsen viscose rayon terintegrasi dari Pangkalan Kerinci ini memproses seluruh produksinya sendiri loh!

Mulai dari pembibitan, persiapan media tanam, penanaman, pemeliharaan yang dilakukan oleh RAPP hingga menjadi serat viscose, semua dilakukan di Pangkalan Kerinci, Riau. Jadi Everything Indonesia banget ya!

Seperti yang diungkapkan oleh President Director of APR, Basrie Kamba. Ia mengatakan bahwa melalui kolaborasi ini, pihaknya ingin menegaskan kembali dukungan terhadap fesyen berkelanjutan di Indonesia dengan memanfaatkan material berkelanjutan.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk mendukung Indonesia menjadi kiblat modest fashion dunia, dengan membuat ekosistem fesyen yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Hasil 6 Brand Lokal

Sementara itu, hasil koleksi dari keenam brand lokal tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Aruna Creative yakni Oling Wuyung, yang menggabungkan elemen kebaya dan baju kurung dalam desain kebaya Muslim Melayu yang elegan. Brand lokal ini juga memakai pewarna alami yang menunjang praktek keberlanjutan dalam semua koleksinya.
  • Sritex mempersembahkan busana sehari-hari yang modern dengan memadukan keindahan motif batik tradisional Indonesia.
  • Terinspirasi dari lukisan Raden Saleh, Batik Trusmi juga menampilkan koleksi yang menampilkan keindahan alam Tanah Air.
  • Ada 10 koleksi Larusso yang ditampilkan dengan warna-warna netral dan earthy yang mana mengambil inspirasi dari sketch sedimen dan akar kayu.
  • Mempresentasikan koleksi Terra Serenity. Berdesain sederhana dan elegan, Cotton in Lace menciptakan keindahan dan ketenangan yang terinspirasi dari elemen-elemen alami.
  • Koleksi Mukenah milik Siti Khadijah memiliki warna yang feminim dan dipadupadankan dengan viscose-rayon. Dengan demikian memberikan kelembutan dan kenyamanan saat beribadah.
Apa Itu Serat Viscose Rayon

Tentunya kita sebagai orang awam bertanya, apa sih serat viscose rayon itu? Bersifat lembut dan breathable, serat viscose-rayon APR cocok untuk diaplikasikan pada pakaian modest terutama di negara tropis seperti Indonesia.

Dengan sifatnya yang biodegradable (mudah terurai), viscose rayon menjadi pilihan tepat dala mendukung modest fashion berkelanjutan.

Selain itu juga gampang untuk dikombinasikan dengan bahan lain, seperti katun atau spandex. Sehingga hal ini memungkinkan para desainer guna menciptakan berbagai koleksi modest fashion yanng sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal MUFFEST

Diselenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2024 bermaksud untuk merangkul ekosistem modest fashion yang ada di Indonesia.

Event fashion show ini diharapkan menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion global dengan tema yang diusung adalah “Flying to The Global Market”.

MUFFEST+ 2024 menyuguhkan lebih dari 150 desainer, lalu ada trade show yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta dan merek fashion, bersama dengan berbagai kompetisi dan kolaborasi internasional.