5 Makanan Penambah Energi

0
159

Kadang kala karena aktifitas sehari-hari yang sangat padat, tubuh kita menjadi mudah lelah dan sering kehilangan konsentrasi.

Nah, agar tubuh dapat ​kembali berenergi​, kita dapat mengolah bahan makanan alami menjadi pemasok energi instan.

Berikut ini ada lima makanan yang mampu menambah energi bagi tubuh kita:

Teh Ginseng

teh ginseng

Ginseng sejak dulu dipercaya sebagai antioksidan yang sangat tinggi, serta dapat mengobati penyakit ringan maupun berat.

Selain itu, ginseng juga menjadi stimulan yang dapat meningkatkan energi dan konsentrasi. Dianjurkan untuk menggunakan ginseng sudah kering karena mudah dicampurkan dengan bahan lain.

Jika memang tidak ada ginseng kering, alternatifnya adalah ginseng yang masih basah. Kemudian diseduh bersama dengan teh. Lalu jadilah secangkir teh ginseng yang hangat.

Ginseng juga bermanfaat untuk menghilangkan stress, melancarkan aliran darah, mengatasi insomnia, meningkatkan memori otak hingga melancarkan siklus menstruasi.

Pisang

pisang

Pisang merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Ada tiga jenis gula alami yakni sukrosa, fruktosa dan glukosa, yang dapat mengembalikan energi serta mampu memulihkan tubuh dari kelelahan dengan cepat.

Pisang juga mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat tersebut mampu membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem peredaran darah tetap stabil, menormalkan fungsi jantung, mengobati diare, meringankan anemia dan menjaga kesehatan mata.

Keju Tua

parmesan

Pada sebagian jenis keju, semakin lama penyimpanannya maka akan semakin baik pula nutrisinya. Keju ​tua​ mengandung asam amino tyramine lebih banyak ketimbang keju ​muda.

Adapun keju tuanya adalah seperti parmesan, stilton dan keju yang bertekstur keras lainnya. Apa itu Tyramine?  Tyramine merupakan asam amino yang dapat menstimulasi hormon dalam tubuh.

Bagi beberapa orang ada yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu, oleh sebab itu selalu berhati-hati dalam mengonsumsi keju dengan cara membatasi konsumsinya dalam jumlah cukup.

Strawberry

Strawberry mengandung vitamin C yang sangat banyak, serta menjadi sumber antioksidan yang efektif bagi tubuh.

Antioksidan mampu membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan sistem imunitas tubuh serta dapat menangkal radikal bebas.

Karena khasiatnya yang dapat meremajakan kondisi kulit agar tetap sehat, maka strawberry banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Selain itu, strawberry juga dapat mencegah hipertensi, mencegah kanker serta melancarkan pencernaan.

 Rumput Gandum

wheatgrass

Mungkin tak banyak yang tidak familiar dengan rumput gandum. Rumput gandum kaya akan sumber nutrisi, diantaranya mineral, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein dan 17 asam amino yang sangat mudah diserap oleh tubuh.

Sepert halnya tumbuhan hijau lainnya, rumput gandum juga mengandung klorofil yang cukup tinggi. Rumput gandum bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti flu, demam, anemia, infeksi mulut, radang tenggorokan, meringankan diare dan berbagai keluhan pencernaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.