Semarak Kemerdekaan di Kampus UMRI - InfoPKU
Home » Pendidikan » Kampus » Semarak Kemerdekaan di Kampus UMRI

Semarak Kemerdekaan di Kampus UMRI


Telah menjadi sebuah kebiasaan, semarak kemerdekaan dalam rangka perayaan 17 Agustus selalu dimeriahi dengan berbagai macam kegiatan perlombaan. Demikian pula dengan kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) juga menggelarnya pada Sabtu (18/8).

Bertempat di halaman rektorat kampus UMRI, berbagai jenis acara perlombaan digelar untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini menjadi meriah karena dikhususkan bagi para dosen dan karyawan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Adapun acara ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika UMRI.

Dalam sambutannya, Rektor UMRI Mubarak menyampaikan pandangannya tentang makna kemerdekaan. Ia mengatakan bahwa esensi merdeka adalah terletak pada usaha atau perjuangan mendapatkan kemerdekaan.

“Esensi dari perayaan ini adalah bukan tentang kemenangannya, tapi usaha dalam memenangkannya. Karena dari situlah kita akan betul-betul akan menikmati apa itu merdeka,” ucap Mubarak.

Disela-sela perlombaan, Wakil Rektor 2 Bakarudin juga memberi komentarnya mengenai semarak kemerdekaan dan kaitannya dengan kegiatan kampus pagi. Ia berpendapat bahwa kemerdekaan itu harga yang pantas sebagai buah usaha para pejuang terdahulu, dan kita patut bangga dengan merayakannya.

“Kegiatan ini adalah cara kita bersyukur atas usaha para pejuang kita dalam merebut kemerdekaan. Kebahagiaan kita pada kegiatan ini adalah wujud kegembiraan, mari kita nikmati sembari merawat NKRI,” tuturnya.

Ada banyak kegiatan perlombaan yang digelar di halaman rektorat kampus UMRI, diantaranya adalah lomba memindahkan karet dengan sedotan, lomba memindahkan tepung dengan tangan, lomba memindahkan bola dengan perut, dan puncaknya adalah lomba tarik tambang.

“Perlombaannya cukup bervariatif, kita mengadopsi permainan (games) yang sudah sangat familiar oleh kita,” ucap Noni sebagai panitia kegiatan ini.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh semua dosen dan staf pegawai di lingkungan UMRI, kontriktnya diikuti oleh 8 Fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas MIPA dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Humum, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Studi Islam.

Di akhir kegiatan, para pemenang mendapatkan bingkisan hadiah yang dilanjutkan dengan saling bersalaman, makan siang dan foto bersama. Dihadapan semua peserta kegiatan, Rektor UMRI Mubarak berpesan agar untuk sama-sama menjaga NKRI dengan memajukan pendidikannya.

“Akhir dari kegiatan kita hari ini bukan pada hadiah, tapi silaturrahminya sebagai bagian dari sivitas akademika UMRI. Kita harus tetap solid dan bekerjasama dalam menjaga NKRI dengan perwujudan komitmen memajukan pendidikan kita” pungkas Mubarak.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila