Pasar Dupa Yang Tersembunyi

167

Tidak banyak yang mengetahui lokasi Pasar Dupa. Walaupun terletak di pusat Kota Pekanbaru, nyatanya pasar ini tersembunyi di balik ruko-ruko di Jalan Sudirman.

Bagi warga Kelurahan Tengkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pasar Dupa adalah pasar tradisional yang cukup ramai aktifitas jual belinya.

Jika Encik dan Puan belum tahu, Pasar Dupa terletak di seberang Rumah Sakit Awal Bros. Pasar ini merupakan pasar pagi yang selalu ramai dikunjungi warga untuk berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga.

Saat memasuki pasar Dupa, los pertama yang ditemui ialah los sayuran. Memasuki area dalam ada los daging, kemudian los peralatan dapur dan diakhiri dengan los pakaian.

Kondisi Pasar Dupa sendiri relatif sama dengan pasar tradisional pada umumnya, tetapi pembagian los-los penjual telah tertata dengan baik, sehingga pembeli dapat menemukan apa yang dibutuhkan secara cepat.

Lapak-lapak di pasar tersebut terbuat dari kayu, bahkan kondisi kayu di beberapa kios telah tua dimakan usia. Tentu saja kondisi demikian jelas sangat rawan kebakaran.

Perlu diketahui bahwa Pasar Dupa dikelola oleh pihak swasta, tetapi akses jalan menuju ke sana merupakan jalan milik Pemerintah Kota Pekanbaru

Oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban pengelola untuk menciptakan kondisi pasar tersebut sejalan dengan aturan Pemko. Nah Encik dan Puan sudah pernah ke Pasar Dupa? Yuk, coba telusuri pasar tersembunyi yang satu ini.