Nutrifood Ajak Masyarakat Pekanbaru Batasi GGL (Gula Garam Lemak) di CFD - InfoPKU
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Nutrifood Ajak Masyarakat Pekanbaru Batasi GGL (Gula Garam Lemak) di CFD

Nutrifood Ajak Masyarakat Pekanbaru Batasi GGL (Gula Garam Lemak) di CFD


Memasuki Ulang Tahun ke-40, Nutrifood berkomitmen untuk terus menginspirasi masyarakat Indonesia jalani hidup sehat dengan kampanye Batasi GGL (Gula, Garam, Lemak) di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pekanbaru.

Bertempat di Car Free Day Jalan Sudirman Pekanbaru pada hari Ahad (6/1) lalu, puluhan relawan yang terdiri dari karyawan Nutrifood dan para mitra berkumpul untuk mengadakan berbagai kegiatan edukatif dan menarik bertajuk #BatasiGGL.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh lebih dari 200 anggota komunitas, mahasiswa, Puskesmas dan masyarakat umum. Kegiatan ini merupakan bagian dari Nutrifood Volunteerism, yakni sebuah program yang mewadahi para karyawan dan mitra Nutrifood untuk turut berkontribusi di bidang sosial dan kerelawanan, salah satunya di bidang kesehatan.

Adapun rangkaian kegiatan #BatasiGGL oleh Nutrifood meliputi:

  • Edukasi batasi konsumsi gula, garam dan lemak (GGL) harian yang dilakukan oleh dr. Rizki Agusmai, Alumni Universitas Abdurrab Pekanbaru
  • Cek dan konsultasi kesehatan gratis – termasuk cek gula darah dan komposisi massa tubuh (Body Mass Index / BMI) oleh mahasiswa Universitas Abdurrab dan STIKES Payung Negeri
  • Olahraga senam body combat bersama.

Acara #BatasiGGL ini juga turut dihadiri dan didukung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, serta GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka kejadian penyakit tidak menular di Indonesia meningkat dari 2013 ke 2018, termasuk diabetes melitus (dari 6,9% menjadi 8,5%), stroke (dari 7% menjadi 10,9%), dan hipertensi (dari 25,8% menjadi 34,1%).

Di tahun 2018 pula, 2 dari 10 orang Indonesia menderita obesitas (meningkat dari 14,8% menjadi 21,8%), di mana obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes melitus, penyakit jantung dan stroke.

Sejalan dengan misinya “Inspiring a Nutritious Life”, selama 40 tahun Nutrifood berkomitmen memberi makna dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidup sehat, melalui serangkaian produk berkualitas dan berbagai program edukatif, termasuk program #BatasiGGL (Gula Garam Lemak).

Nutrifood percaya bahwa hidup sehat bisa dicapai jika masyarakat mulai membatasi dan mengontrol jumlah asupan Gula, Garam dan Lemak harian mereka sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI, yaitu Gula (4 sendok makan), Garam (1 sendok teh), dan Lemak (5 sendok makan).

Berbagai penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa pembatasan GGL cukup efektif untuk mengurangi risiko obesitas dan berbagai penyakit tidak menular lainnya, seperti diabetes melitus, jantung, stroke dan hipertensi.

Selain menerapkan pola #BatasiGGL, masyarakat juga diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga rutin sekitar 30 menit perhari, cukup istirahat, serta tidak merokok. Harapannya, semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa hidup sehat lebih lama.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila