Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mencegah Insomnia
Home » Kesehatan » Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mencegah Insomnia

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mencegah Insomnia


Insomnia merupakan gangguan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur. Memang terdengar cukup lucu jika ada orang yang merasa sulit untuk tidur karena tidur merupakan pekerjaan yang paling mudah, cukup memejamkan mata dan beberapa saat kemudian tertidur.

Mungkin bisa lebih dimengerti jika ada orang yang mengeluh susah bangun tidur. Kenyataannya, cukup banyak orang yang mengalami gangguan tersebut. Bagi mereka, tidur bisa jadi hal yang melelahkan karena mereka sudah berjam-jam mencoba memejamkan mata namun tidak kunjung tertidur.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya gaya hidup yang selalu mengkonsumsi makanan yang memicu anda untuk terus terjaga seperti:

1. Kafein

Konsumsi kafein merupakan gaya hidup kita sehari-hari. Kafein sudah jelas merupakan stimulan yang akan membuat mata melek sepanjang malam. Jangan sangka hanya kopi yang mengandung kafein, namun teh, cokelat hitam dan minuman energi juga merupakan pembawa utama kafein. Jadi jika tidak ingin hal itu terjadi, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman tersebut.

2. Produk olahan susu

Berbagai produk olahan susu yang mengandung banyak lemak seperti es krim, keju, dadih, dan butter yang sulit dicerna sebaiknya dihindari sebelum tidur. Hal tersebut bukannya membuat tubuh beristirahat, namun sibuk bekerja membakar lemak sehingga membuat susah tidur. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga dapat membuat anda kekenyangan yang akhirnya menyebabkan mulas.

3. Alkohol

Alkohol bisa membuat anda sulit tidur karena menyebabkan dehidrasi yang mengganggu tingkat serotonin. Meski beberapa orang beranggapan bahwa mengkonsumsi alkohol dapat membuatnya mengantuk dan tertidur cepat, namun saat alkohol mulai mempengaruhi otak, mereka malahan akan mulai terjaga sehingga sulit tidur kembali. Jadi sebaiknya jauhi alkohol, terutama di malam hari.

4. Makanan bergula

Makanan manis seperti cokelat, cake, aneka dessert dan yang mengandung kadar gula yang tinggi bisa meningkatkan energi sehingga menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Makanya, agar Anda bisa segera pergi ke alam mimpi, hindari makan di atas pukul 8 malam dan ngemil makanan manis di malam hari karena semua itu akan diubah menjadi energi dan membuat Anda tetap terjaga.

5. Makanan pedas dan bergas

Jika anda menginginkan kualitas tidur yang baik, sebaiknya jauhi makanan yang pedas dan sayuran yang mengandung gas seperti kacang polong, bunga kol, brokoli dan taoge karena dapat menimbulkan rasa kembung dan tidak nyaman sehingga akhirnya akan terjaga sepanjang malam.

Setelah mengetahui makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari agar tidak terjaga sepanjang malam, berikut adalah beberapa daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi penderita insomnia sebelum tidur:

  1. Susu Sapi

Untuk dapat tidur nyenyak, pikiran kita harus tenang dan terhindar dari stress. Kandungan Tryptophan dan kalsium pada segelas susu sapi segar dapat membuat otot dan saraf menjadi lebih sehat. Bagi penderita insomnia, kalsium susu sapi segar dapat membantu mengurangi beban stress sehingga tidur pun lebih berkualitas.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti Almond, yang banyak mengandung Vitamin B dan asam folat dipercaya dapat membantu tubuh untuk mengatur siklus tidur yang baik. Kenapa kacang Almond baik dikonsumsi oleh penderita insomnia? Karena Almond dapat membuat tekanan darah menjadi normal sehingga akan membantu penderita insomnia lebih mudah untuk tidur.

  1. Ikan

Ikan yang baik dikonsumsi bagi penderita insomnia adalah ikan salmon karena mengandung DHA yang berfungsi meningkatkan hormon melatonin pada tubuh, yaitu hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak. Agar kandungan gizinya tidak hilang, sebaiknya ikan tersebut dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

  1. Buah-buahan

Buah yang dipercaya dapat mengatasi insomnia adalah buah ceri dan pisang. Terdapat beberapa kandungan yang baik untuk mengatur siklus tidur di otak. Pada buah ceri, terdapat kandungan zat melatonin. Sedangkan buah pisang mengandung magnesium, potassium, dan tryptophan yang dipercaya dapat merilekskan otot dan saraf dan dapat menenangkan pikiran sehingga tidur pun dapat lebih nyenyak.

About Nur Hasanah

impossible=i'm possible