Jadwal Penukaran Uang di Riau - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Jadwal Penukaran Uang di Riau

Jadwal Penukaran Uang di Riau


Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Riau mulai membuka penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Berikut ini jadwal penukaran uang di Riau:

  • Pada tanggal 9 Mei 2019, penukaran uang kertas baru dapat dilakukan di Pasar Pagi Arengka. Penukaran uang ini dilaksanakan oleh Bank Mandiri dan BNI.
  • Pada tanggal 13 Mei 2019, penukaran uang dilakukan di Pasar Sail. Penukaran uang ini dilaksanakan oleh BRI dan Bank Riau Kepri (BRK).
  • Pada tanggal 20-25 Mei 2019, penukaran uang bersama di Halaman Kantor Gubernur Riau.
  • Pada tanggal 7-10 Mei 2019, Bank Indonesia membuka kas keliling luar kota di Bengkalis,
  • Pada tanggal 14-17 Mei 2019, Bank Indonesia membuka kas keliling luar kota di Rokan Hilir.

Untuk diketahui, BI Kantor Perwakilan Wilayah Riau tahun ini tidak melayani penukaran di kantor. Karena akan difokuskan ke bank dan penukaran bersama di Halaman Kantor Gubernur Riau, sedangkan penukaran uangnya untuk semua nominal.

Selain itu, BI Kantor Perwakilan Wilayah Riau juga mempersiapkan kas keliling luar kota. Hal ini dilakukan guna memperdekat jangkauan masyarakat di daerah yang ingin menukar uang kertas lama dengan uang kertas baru.

Adapun untuk jam operasional penukaran uang di Riau ini dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB setiap jadwalnya.

Untuk tahun ini, BI Kantor Perwakilan Wilayah Riau telah mempersiapkan total Rp 5 triliun untuk penukaran uang di Riau. Dimana terjadi kenaikan sebesar Rp 300 miliar uang baru yang dapat ditukarkan masyarakat selama bulan ramadhan.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa tahun terakhir animo masyarakat dalam menukar uang baru sangat tinggi. Bahkan pihak BI Riau harus membatasi jumlah penukaran uang perharinya, agar pelayanan dapat berjalan maksimal.

Salah satunya, jika tahun sebelumnya BI membuka layanan selama 4 hari di Halaman Kantor Gubernur Riau, maka pada tahun ini BI Riau membuka layanan hingga 6 hari.

Bagi Encik dan Puan yang ingin menukarkan uangnya di Halaman Kantor Gubernur Riau, harus melapor terlebih dahulu untuk dapat nomor antrean dan formulir uang yang akan ditukarkan.

Kemudian setelah mengambil nomor antrean, dilanjutkan menunggu panggilan dari kasir. Panitia hanya menyediakan nomor antrean hingga 500 setiap hari.

Ketentuan dalam penukaran bersama ini hanya melayani penukaran uang kertas dalam pecahan kecil dan bukan uang koin. Besarannya adalah mulai dari Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000.

Setiap penukaran perorangnya dibatasi berdasarkan jenis pecahannya. Seperti rupiah pecahan Rp 10.000 maksimal batas penukaran hanya Rp 2 juta.

Jumlah penukaran tersebut juga berlaku pada rupiah pecahan Rp 5.000. Sedangkan untuk pecahan Rp 2.000, maksimal perorang hanya boleh menukar sebanyak Rp 1 juta. Untuk pecahan Rp 20.000, tidak ada dibatasi.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila