Asam Folat untuk Ibu Hamil
Home » Kesehatan » Asam Folat untuk Ibu Hamil
asam folat untuk ibu hamil
asam folat untuk ibu hamil

Asam Folat untuk Ibu Hamil


Saat seorang ibu sedang hamil , ibu tersebut tentu mengharapkan seorang bayi yang sehat dan tidak memiliki kekurangan. Pada intinya semu orang ingin memiliki anak yang normal dan sehat . maka dari itu, ada beberapa cara yang baik agar nanti janjin pada ibu dapat lahir sehat dan normal. Dengan cara mengkonsumsi asupan nutrisi yang baik,itu akan sangat membantu untuk perkembangan baik pada janin ibu hamil untuk menjadikan janin sehat dan normal.

Gizi merupakan faktor yang penting pada saat masa kehamilan. Faktor gizi ini bisa dikatakan adalah yang menentukan bagaimana nanti kondisi bayi pada saat lahir. Salah satu asupan gizi yang penting pada saaat kehamilan adalah asam folat . asam folat ini sering juga disebut dengan vitamin B9 , asam folat ini mengandung banyak manfaat penting pada saat kehamilan dan juga sangat membantu untuk perkembangan janin.

 

Berapakah seorang ibu hamil membutuhkan asam folat setiap harinya ?

Ada beberapa ketentuan asam folat untuk ibu hamil, yaitu :

 

Untuk ibu hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400mg dalam sehari

Untuk ibu hamil 3 bulan pertama , dianjurkan mengonsumsi asam folat sebanyak 400mcg per hari

Untuk masa kehamilan 4-9 bulan , dianjurkan mengonsumsi asam folat sebanyak  600mcg per hari

 

Dan juga selain kententuan asam folat , asam folat juga memiliki beberapa manfaat penting untuk ibu hamil dan janin . berikut manfaat penting asam folat untuk ibu hamil dan janin :

1.asam folat ini memproduksi eritrosit . produksi eritrosit tinggi ini sangat berguna untuk menjadikan perkembangan otak  dan sumsum tulang belakang pada janin , agak janin tidak mengalami kelain pada tulang.

2.asam folat ini mencegah keguguran. Asam folat ini sudah terbukti untuk mecegah ibu hamil mengalami keguguran , karena dengan mengonsumsi asam folat ibu hamil bisa terhindar dari resiko mengalami keguguran selama masa kehamilan

3.asam folat ini bisa mencegah terjadinya kerusakan otak, asam folat ini juga memiliki satu manfaat penting, yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan otak pada janin. Saat ibu hamil mengonsumsi asam folat cukup dalam sehari , janin tidak akan mengalami kerusakan otak atau permasalahan kecacatan pada saat kelahiran

4.asam folat memproduksi sel darah merah. Karena asam folat adalah zat yang memproduksi sel darah merah , maka ini dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit untuk ibu hami. Seperti : anemia, mudah lelah , masuk virus dan bakteri dengan mudah dan rasa lemah pada tubuh .

5.asam folat mencegah penyakit jantung . asam folat ini juga bisa mencegah penyakit jantung , karena biasanya ibu hamil mudah terkejut saat hamil bila tidak mengonsumsi asam folat yang cukup

6.asam folat mencegah depresi.  Dalam masa kehamilan , ibu hamil pasti akan mengalami fase dimana ibu hamil akan depresi. Kondisi depresi ini sangat berpengaruh terhadap ibu hamil dan janinnya. Maka asam folat ini adlah salah satu yang membantu menurukan :depresi,stress dan kecemasan pada ibu hamil.
7.asam folat membantu pembentukan jaringan tubuh.  Jaringan pembentukan tubuh selama masa kehamilan , dapat terjadi cepat maupun lambat , cepat atau lambatnya perkembangan jaringan tubuh itu sangat berpengaruh terhadap asam folat yang di konsumsi oleh ibu hamil . semakin banyak asam folat yang di konsumsi oleh ibu hamil , maka akan cepat pertumbuhan perkembangan jaringan pada janin.

Itu adalah manfaat asam folat untuk ibu hamil. Sangat banyak manfaat positif dari asam folat ini untuk ibu hamil dan janin. Maka dari itu untuk ibu hamil, jangan sampai kurang untuk mengonsumsi asam folat .

About annisa rezkiana