3 Budaya Riau Jadi Warisan Nasional
Home » Berita » 3 Budaya Riau Jadi Warisan Nasional

3 Budaya Riau Jadi Warisan Nasional


pacu jalur

Ada tiga warisan budaya di Riau yang ditetapkan menjadi warisan budaya nasional oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Ketiga warisan tersebut berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan serta dari Kabupaten Kampar. Warisan budaya tersebut adalah Menumbai, Koba, dan Pacu Jalur.

Menumbai merupakan tradisi mencari madu sialang di Kabupaten Pelalawan. Koba adalah cerita rakyat di Kabupaten Kampar. Sedangkan pacu jalur adalah perlombaan mendayung di sungai Kuantan yang menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon.

Ketiga warisan budaya bersaing Riau tersebut dengan 140 kebudayaan yang masuk diajukan oleh masing-masing provinsi, dimana Riau sendiri mengajukan 15 kebudayaan.

Adapun syarat untuk mengajukannya antara lain dokumen naskah akademiknya yang lengkap, dokumen video, ada maestronya, serta ada uraian cerita mengenai warisan kebudayaan tersebut.

Penetapan ketiga warisan ini sendiri ditetapkan melalui sidang beberapa dewan yang ditunjuk dan dilakukan di Dirjen Kemendikbud.

Warisan budaya tak benda ini lebih bersifat kepada tradisi turun-menurun yang muncul di masyarakat. Kita tentunya patut berbangga atas penetapan 3 budaya Riau ini.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila