Senjata Tradisional Riau Yang Perlu Diketahui

93
Senjata Tradisional Riau

Encik dan Puan, pada zaman dahulu senjata tradisional Riau ini digunakan sebagai alat membantu dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti pertahanan diri, kebutuhan hidup, ritual keagamaan, dan lain-lain.

Namun zaman sekarang, senjata ini sudah beralih fungsi menjadi benda koleksi ataupun benda antik. Dengan tujuannya adalah untuk melestarikan peninggalan terdahulu serta menjaga nilai sejarah serta makna filosi yang ada di dalamnya sehingga tidak punah dimakan oleh zaman.

Untuk menambah wawasan kita tentang macam-macam senjata tradisional Riau, berikut 9 senjata tradisional Riau:

  1. Tumbuk Lada

Merupakan senjata badik tradisional yang digunakan sebagai alat untuk menusuk musuh dari jarak yang tidak terlalu jauh. Senjata ini memiliki panjang sekitar 29 cm dengan lebar 4 cm.

  1. Pedang Jenawi

Pada zaman dahulu pedang jenawi merupakan senjata yang biasa digunakan oleh para panglima perang. Pedang jenawi memiliki panjang hingga satu meter, pedang ini terbuat dari bahan baku baja, besi dan tembaga dengan kualitas tinggi.

  1. Beladau

Beladau merupakan senjata tradisional yang memiliki ukuran cukup kecil yang bsa dikatakann mirip dengan belati. Namun, senjata ini memiliki bentuk yang melengkung dingga ke ujungnya.

Senjata ini biasanya digunakan untuk menyerang musuh dari jarak dekat. Beladau termasuk kedalam senjata tradisional yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja karena ukurannya yang terbilang tidak besar.

  1. Pemuras

Senjata tradisional ini menggunakan peluru. Pemuras merupakan senapan berlaiber besar yang memiliki laras yang pendek. Katanya pemuras merupakan senjata yang dibawa oleh bangsa eropa. Senjata ini dikatakan mempunyai bunyi yang sangat kuat dan menggelegar.

  1. Klewang

Ialah senjata tradisional Riau yang memiliki bentuk mirip dengan golok. Senjata ini memiliki ujung bilah yang lebar. Pada zaman dahulu klewang digunakan untuk berperang dengan prajurit kerajaan. Namun, sekarang klewang dipakai untuk membantu dalam produktivitas masyarakat yang memiliki profesi sebagai petani.

  1. Rentaka

Senjata tradisional yang berfungsi seperti meriam ini memiliki berat yang relatif ringan dibandingkan dengan meriam biasanya. Rentaka biasanya dipakai untuk melawan para perompak yang pada saat itu kerap menagih upeti untuk para penguasa.

  1. Lela Rentaka

Merupakan senjata tradisional yang menyerupai meriam. Bentuk dan ukuran dari senjata ini ialah lebih kecil dari meriam. Perbedaan antara lela dan rentaka ialah terletak pada lubang pelurunya.lubang peluru miliki lela lebih besar dibandingkan dengan lubang peluru rentaka.

  1. Keris

Tidak hanya berada terdapat di Pulau Jawa saja, di Riau juga terdapat keris. Keris Riau memiliki keunikan tersendiri, yaitu jumlah dari luk atau lengkukan cendering lebih sedikit dari ukiran yang ada di gagang serta sarungnya lebih banyak motif flora dan tumbuhan.

  1. Terakol

Kemudian yang terakhir ialah terakol, senjata tradisional Riau yang sangat terkenal di kalangan pelaut, pedagang, serta lanun-lanun melayu. Pada awalnya terakol atau terkul menggunkan teknologi “wheel lock” atau kancing roda yang prosesnya dengan membakar serbuk bedil secara otomatis tanpa membutuhkan fius. Bentuk dari terkul ini mirip seperti pistol. Senjata ini merupakan perubahan dari senjata pemura yang diperkecil.