Program Waste Solution Hub, Olah Sampah Jadi Berkah

0
112
Program Waste Solution Hub

Masih seputar penggerak kegiatan lingkungan, perempuan bernama Siti Salamah dari Tangerang Selatan, Banten, sukses membuat inovasi. Yaitu berupa program yang diberi nama Waste Solution Hub.

Siti Salamah menggagas Waste Solution Hub sejak pertengahan 2019, lalu mendapat apresiasi SATU Indonesian Awards 2021.

Usaha dan kerja keras Siti Salamah ini patut di acungkan jempol, pasalnya belum tentu semua orang bisa memberikan solusi yang baik untuk lingkungannya, apalagi perihal sampah.

Kegiatan Program Waste Solution Hub yang ditawarkan Siti Salamah ini merupakan kegiatan inovasi sosial ini berfokus pada pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular di daerah urban.

Selanjutnya Siti Salamah bersama rekannya membangun Waste Solution Hub ini dengan melakukan pendekatan sistem teknologi yang terintegrasi dan melibatkan multi pihak.

Program Waste Solution Hub inovasi perempuan penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2021 itu didorong untuk memberikan solusi terkait permasalahan sampah dan juga kondisi sosial khususnya di lingkungan kehidupan para pemulung.

Menurut Siti Salamah, memang ada sejumlah program pengelolaan sampah, namun kegiatan aktivitas sosial untuk turut memperhatikan kehidupan para pemulung menjadi nilai tambah dan pembeda Waste Solution Hub dengan yang lainnya.

Sebagai informasi aktivitas Waste Solution Hub dibagi menjadi beberapa program, seperti engelolaan Sampah Event dan cluster perumahan dilakukan dengan proses end-to-end untuk menambah nilai berkelanjutan.

Selanjutnya Pelatihan Intensif Pemulung dilakukan untuk memberikan peluang tambahan dan keterampilan.

Selain itu ada Program Konsultan Keberlanjutan untuk menghilangkan risiko dan tetap berkelanjutan, untuk proyek #lesswaste atau bahkan #zerowaste.

Jadi kegiatan yang digagas oleh peraih Apresiasi SATU Indonesia Awards 2021 itu tidak hanya memikirkan solusi sampah, namun juga memikirkan bagaimana solusi jitu untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya para pemulung.

Sejak digagas dan hingga kini Waste Solution Hub telah mengedukasi lebih dari 23.435 pengunjung. Sedangkan jumlah sampah yang dikelola saat ini 4.388 kilogram.

Kemudian, dari Program Waste Solution Hub juga telah memberdayakan pemulung lebih dari 1.222 orang di wilayah Tangerang Selatan. Lebih dari 171 sukarelawan terlibat, serta donasi untuk Pekerja Informal (Pemulung) selama pandemi sebanyak 5006 paket sembako yang telah didistribusikan.

Waste Solution Hub punya target memiliki 10.000 mitra pemulung, meningkatkan pendapatan pemulung sebanyak 100 persen.

Selanjutnya mengelola 1.000 ton sampah per hari, menghasilkan lebih dari 1.000 produk daur ulang dan mengembangkan lebih dari 10 area pusat daur ulang dan pembelajaran di seluruh Indonesia.

Usaha dan kerja keras tim Program Waste Solution Hub, serta Siti Salamah selaku penggagas dan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2021 itu patut diapresiasi.

Sebab tidak semua orang memiliki kepedulian akan sampah. Serta tidak hanya itu, menariknya Waste Solution Hub tersebut juga memikirkan bagaimana nasib dan perekonomian dari para pemulung yang ada di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.