Plastik Berbayar Akan Dievaluasi Pemko

0
86

Demi mengurangi penggunaan kantong plastik, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memberlakukan kebijakan plastik berbayar pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di areal Car Free Day di Jalan Gajah Mada, Ahad (14/3) yang lalu.

Saat ini sendiri, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru masih mengevaluasi teknis mengenai penggunaan plastik berbayar di gerai-gerai dan supermarket yang ada di Kota Pekanbaru.

Dikatakan oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, Jumat (15/4), bahwa saat ini pihaknya masih mengevaluasi kebijakan plastik berbayar ini selama 3 bulan sebelum Peraturan Wali Kota (Perwako) ditetapkan.

Dijelaskan oleh Irba bahwa setelah 3 bulan, pihaknya akan melihat apakah kuantitas plastik yang ada saat ini berkurang atau tidak. Jika ternyata sampah plastik memang tidak berkurang, pihaknya tidak akan melanjutkan peraturan ini. Karena tujuan utama adanya aturan ini adalah untuk mengurangi sampah plastik.

Ia kemudian berujar bahwa sebenarnya hal ini dapat menjadi momen bagi para pengusaha untuk dapat menciptakan inovasi baru yang dapat mengganti kantong plastik, misalnya paper bag yang terbuat dari berkas kertas dan bahan lain yang lebih aman terhadap lingkungan.

Irba juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan meminta para pelaku usaha untuk melaporkan hasil evaluasi penggunaan plastik dalam rentang waktu sebulan ini. Karena peraturan plastik berbayar ini sendiri telah berjalan sebulan sejak penerapan plastik berbayar di Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.