Penyebab Jerawat di Badan
Breaking News
Home » Kesehatan » Penyebab Jerawat di Badan
Penyebab Jerawat di Badan
Penyebab Jerawat di Badan

Penyebab Jerawat di Badan


Jerawat dapat tumbuh pada bagian kulit mana saja diseluruh tubuh, selama kulit tersebut memiliki pori-pori. Namun ada beberapa bagian tubuh yang tidak bisa ditumbuhi oleh jerawat seperti mata, telapak tangan, telapak kaki dan bibir karena tidak adanya pori-pori tempat tersebut . Keberadaan jerawat memang  menjengkelkan karena dapat mempengaruhi penampilan kulit yang baik dan mulus.

Meskipun jerawat yang muncul dibadan tidak terlihat oleh mata. Namun jangan pernah mencoba untuk mengabaikannya. Anda tetap harus melakukan penanganan yang tepat agar jerawat yang muncul dibadan bisa segera sembuh. Sebelum mengetahui cara penanganan jerawat dibadan dengan tepat.

 

Berikut ini penyebab jerawat dibadan antara lain :

 

  1. Kurang menjaga kebersihan

 

Menjaga kebersihan disini adalah menjaga kebersihan badan. Menjaga kebersihan dilakukan dengan mandi setiap hari sebanyak dua kali sehari,yakni pada pagi hari dan sore hari. Kegunaan dari mandi ini adalah untuk mencegah timbulnya jerawat pada badan. Karena biasanya setelah seharian melakukan aktifitas badan akan dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menempel pada baju sehingga dapat hinggap dibadan. Hal inilah yang justru dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi bagi Anda yang ingin mencegah timbulnya jerawat dibadan maka mandilah dengan bersih dan

 

  1. Keringat di badan

 

Badan juga menghasilkan keringat yang berasal dari pori-pori tubuh. Keringat biasanya keluar saat Anda selesai melakukan aktifitas fisik yang intens dan berat seperti olahraga dan mengangkat barang. Dengan keluarnya keringat meningkatkan metabolisme didalam tubuh . Salah satu cara untuk mencegah jerawat dibadan adalah dengan membersihkan keringat di badan hingga tidak ada lagi yang menempel. Karena penyebab dari timbulnya jerawat dibadan juga dapat disebabkan karena biang keringat. Keringat yang ada dibadan tercampur dengan bakteri penyebab jerawat sehingga meningkatkan resiko dari jerawat.

 

  1. Baju yang ketat

 

Penyebab jerawat yang ketiga adalah baju yang ketat. Penggunaan baju yang ketat juga membuat pori-pori pada kulit jadi sulit untuk bernapas. Untuk itu ada baiknya untuk memilih baju yang berbahan dasar tipis, menyerap keringat dan tidak ketat. Baju yang ketat selain menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat juga menjadikan Anda gerah karena sulit untuk bergerak

 

  1. Stres

 

Stres yang berkepanjangan juga dapat menjadi salah satu penyebab dari timbulnya jerawat pada badan. Saat seseorang mengalami stres,beberapa kinerja dalam tubuh mengalami gangguan dan ini membawa dampak bagi kesehatan kulit.

 

  1. Jenis sabun yang tidak cocok dengan kulit

 

Saat Anda mandi maka Anda akan menggunakan sabun untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, keringat dan minyak pada badan. Namun tidak semua jenis sabun cocok untuk kulit. Jadi pastikan saat memilih sabun, sabun tersebut adalah sabun yang cocok dengan badan Anda. Karena jika Anda memilih sabun yang tidak cocok maka akan menyebabkan timbulnya jerawat pada badan.

 

  1. Genetik

Faktor genetik merupakan warisan riwayat dari orang tua. Dalam artian jika orang tua dahulu pernah memiliki jerawat pada badannya, maka hal ini dapat meningkat bagi anak sebesar 70% dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki riwayat dengan orang tua yang memiliki jerawat dibadan.  Faktor genetik atau disebut juga dengan faktor keturunan ini baik jika diantisipasi sejak dini. Dimana anak disuruh untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan juga menerapkan pola hidup yang sehat dalam menjalani hari-harinya. Dengan begitu penyebab jerawat dapat diatasi sejak dini sehingga peluang untuk munculnya menjadi sedikit sekali.

About annisa rezkiana