Bus Tingkat Wisata Ini Ada Di Indonesia Lho, Sudah Coba? - InfoPKU
Home » Informasi » Wisata » Bus Tingkat Wisata Ini Ada Di Indonesia Lho, Sudah Coba?
foto:BD-ANTARA - Bus wisata Bandros Bandung
foto:BD-ANTARA - Bus wisata Bandros Bandung

Bus Tingkat Wisata Ini Ada Di Indonesia Lho, Sudah Coba?


Sebelum berlibur ke kota tujuan, ada baiknya jika kita mencari tahu tentang apa saja yang ada di kota tujuan tersebut. Seperti tempat wisata, tempat menginap, dan juga akomodasi selama liburan di sana. Untuk akomodasi perjalanan selama di kota tujuanmu, kamu bisa mencoba bus tingkat yang lahir kembali di kota-kota besar Indonesia.

Bus tingkat atau biasa dipanggil double decker di Inggris ini kini kembali ada di Indonesia lho. Di era tahun 80an dulu, bus tingkat sempat beroperasi di kota-kota besar di Indonesia, namun keberadaannya lama kelamaan menghilang ditelan zaman. Baru-baru ini bus tingkat kembali menjadi primadona untuk berkeliling kota di beberapa kota besar. Kamu bisa mencoba menaikinya di kota-kota berikut ini.

Werkudara Solo

Werkudara Solo ini merupakan bus tingkat wisata pertama yang ada di Indonesia. Werkudara hanya beroperasi pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional lainnya. Rute yang ditawarkan bus tingkat ini lumayan lengkap lho, mulai dari kantor dinas perhubungan Manahan – Taman Jurug – dan tempat bersejarah lainnnya. Tiket bus bisa dibeli di dinas perhubungan pada saat bus sedang beroperasi. Dengan menyisihkan uang sebesar 20 ribu saja, kamu dijamin sudah puas berkeliling kota Solo dari atas bus Tingkat yang unik ini.

Mpok Siti Jakarta

Jika sering ke Jakarta atau bahkan tinggal di Jakarta tapi belum pernah coba menaikinya, maka ini adalah saat yang tepat bagimu untuk naik Mpok Siti. Tiket bus tingkat cantik ini gratis, kamu tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Ada tiga rute yang bisa kamu pilih, yakni Jakarta Modern, History of Jakarta, dan Art & Culinary.

Bandros

Bandros, atau Bandung Tour On The Bus ini baru saja diresmikan Ridwan Kamil pada tahun 2014 lalu. Bus ini memiliki bentuk yang lucu dan unik sekali lho. Rute yang dilalui Bandros juga cukup panjang, jadi kamu bisa puas berkeliling Bandung dengan menaikinya. Tiket bus ini Cuma 10 ribu saja kok, atau jika kamu membawa rombongan, dikenakan biaya senilai 750 ribu untuk satu bus.

Semarjawi Semarang

Meski sudah beroperasi semenjak 2014 lalu, hingga saat ini Semarjawi hanya memiliki satu armada saja. Untuk memesan tiket busnya, kamu bisa memesan secara online, atau langsung memesan di Taman Srigunting minimal 30 menit sebelum keberangkatan. Usahakan untuk memesannya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiketnya ya. Biaya yang dibutuhkan hanya 10 ribu rupiah saja kok.

Macyto Malang

Yang paling baru adalah Macyto, alias Malang City Tour. Bus ini tidak memungut biaya sama sekali lho, akan tetapi kamu harus datang pagi-pagi untuk mendapatkan tiket bus terlebih dahulu. Bus lucu berwarna hijau ini beroperasi setiap hari, namun setiap harinya Macyto hanya berkeliling selama 3 kali saja. Untuk menaikinya, kamu langsung saja menuju balai kota Malang.

Bus wisata tingkat mana nih yang ingin kamu naiki? Jangan lupa membawa topi jika kamu ingin naik di lantai 2 bus tersebut ya.

About Fadli Dzil Ikram

saya adalah digital designer & programmer yang suka bereksperimen dengan hal-hal baru.