Alur Penggantian Paspor di MPP Pekanbaru

21
suasana di MPP Pekanbaru

Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru memiliki 26 tenant di dalamnya, salah satunya adalah tenant imigrasi. Tenant imigrasi yang ada di MPP Pekanbaru hanya menyediakan penggantian paspor bagi Encik dan Puan yang memiliki E-KTP Kota Pekanbaru.

Adapun untuk pembuatan paspor baru dan urusan lainnya, Encik dan Puan tetap akan disarankan untuk ke kantor imigrasi Jalan KH. Ahmad Dahlan, Pulau Karam, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Untuk persyaratan penggantian bagi paspor yang diterbitkan setelah 2009 dan diterbitkan di dalam negeri, Encik dan Puan hanya perlu membawa persyaratan KTP Elektronik dan paspor lama.

Sedangkan untuk paspor yang terbit sebelum tahun 2009, Encik dan Puan harus melengkapi beberapa persyaratan yang dibagi atas dua kategori, yakni usia dewasa dan anak-anak.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Bagi Encik dan Puan yang telah dewasa, harus membawa KTP Elektronik, kartu keluarga, dan membawa salah satu dokumen pendukung (seperti akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah dan surat baptis), surat kewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia, surat penetapan ganti nama bagi dari pejabat yang berwenang bagi yang telah ganti nama, dan yang terakhir membawa paspor lama.

Sedangkan untuk anak-anak berusia 17 tahun ke bawah, membawa perlengkapan yaitu KTP Elektronik kedua orang tua, Kartu Keluarga, akta kelahiran atau surat baptis, surat perkawinan atau buku nikah orang tua, surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang bagi yang telah ganti nama, dan paspor lama.

Semua dokumen persyaratan baik dewasa maupun anak-anak, memerlukan berkas asli dan fotocopy. Fotocopy berkas menggunakan kertas A4 utuh dan tidak boleh digunting.

Sedangkan untuk alur pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Encik dan Puan mempersiapkan dokumen persyaratan di atas. Mengambil nomor antrian di MPP dengan memilih kantor imigrasi. Pemeriksaan kelengkapan persyaratan oleh petugas loket imigrasi.

Lalu dilanjutkan dengan sesi foto, wawancara, dan pengambilan data biometrik. Untuk pembayaran, Encik dan Puan dapat langsung ke teller bank atau kantor pos. Mengambil paspor di kantor imigrasi kelas I Pekanbaru atau di MPP.