Ada Penerbangan Rute Pekanbaru-Kalimantan? - InfoPKU
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Ada Penerbangan Rute Pekanbaru-Kalimantan?

Ada Penerbangan Rute Pekanbaru-Kalimantan?


Sejumlah maskapai penerbangan di Kota Pekanbaru sedang mengkaji adanya kemungkinan untuk menerbangi penerbangan rute Pekanbaru-Kalimantan.

Dikatakan oleh General Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait, Ahad (22/5), bahwa beberapa maskapai penerbangan sedang mengkaji rute rute Pekanbaru-Kalimantan.

Pihaknya selaku pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II tidak berhenti melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan menawarkan sejumlah rute penerbangan langsung baik domestik dan internasional.

Jaya sendiri telah mencoba menawarkan rute Pekanbaru-Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur, karena provinsi tersebut juga salah satu daerah yang menghasilkan minyak dan gas bumi.

Pihaknya masih menunggu jawaban dari beberapa maskapai penerbangan tersebut, terutama dari Lion Group yang paling banyak dalam melayani rute penerbangan domestik.

Berdasarkan data dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Lion Group mengoperasikan 4 operator penerbangan seperti:

  • Lion Air dengan rute Pekanbaru-Jakarta PP 7 kali sehari, Pekanbaru-Batam PP 3 kali dan Pekanbaru-Medan PP 2 kali sehari.
  • Batik Air dengan rute Pekanbaru-Jakarta PP 4 kali sehari
  • Wings Air dengan rute Pekanbaru-Jambi PP 1 kali sehari
  • Malindo Air dengan rute Pekanbaru-Malaka PP 5 kali dalam seminggu

Seperti yang dikatakan oleh Wahyu Wijanarko, Ketua Komite Operator Maskapai (AOC) Kota Pekanbaru, bahwa penumpang pesawat di Riau cenderung sering saat libur panjang karena hari terjepit nasional.

Dikatakannya bahwa rute penerbangan dengan tujuan Batam dan Medan selalu ramai penumpang, meski harga tiketnya mahal. Pihak maskapai memanfaatkan momen ini untuk menutupi masa sepi penumpang.

Pada waktu normal, pihak Operasional Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II menyebut sekitar 7.500 penumpang pesawat hilir mudik menggunakan 75 hingga 80 kali penerbangan domestik dan internasional.

Di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II sendiri ada 9 maskapai penerbangan yang melayani rute domestik dengan jumlah 12 kota tujuan, yakni sebagai berikut:

  1. Batam
  2. Tanjung Pinang
  3. Dabo Singkep
  4. Tembilahan
  5. Tanjung Balai Karimun
  6. Medan
  7. Jambi
  8. Palembang
  9. Jakarta
  10. Bandung
  11. Yogyakarta
  12. Surabaya

Lalu ada 4 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan internasional, berikut ini ke-4 maskapai tersebut:

  1. AirAsia dengan rute Pekanbaru-Kuala Lumpur
  2. Malindo Air dengan rute Pekanbaru-Malaka
  3. Silk Air dengan rute Pekanbaru-Singapura
  4. Jetstar Asia dengan rute Pekanbaru-Singapura

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila