Kelulusan UN SMA di Pekanbaru Diumumkan Sore

9

Untuk mengantisipasi hal yang yang tidak diinginkan saat pengumuman hasil kelulusan UN SMA di Pekanbaru, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, menyatakan sepakat akan mengumumkannya Sabtu (6/5), pukul 16.00 WIB, sore ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, M Jamal, Sabtu (6/5), mengatakan bahwa kesepakatan itu hasil dari pihaknya yang mengumpulkan semua kepala sekolah terkait waktu pengumuman hasil kelulusan UN SMA di Pekanbaru.

Mobilitas masyarakat yang mulai menurun pada saat para siswa akan ke sekolah untuk melihat hasil pengumuman hasil kelulusan UN SMA, dijelaskan oleh M Jamal menjadi pertimbangan waktu oleh pihaknya.

Terkait tata cara pengumuman hasil kelulusan UN SMA, M Jamal memberi pilihan kepada pihak sekolah. Entah lewat situs resmi sekolah atau lembaran yang dimasukkan dalam amplop dan dibagikan satu persatu, atau ditempel di papan pengumuman.

Untuk beberapa sekolah yang telah memiliki situs sekolah sendiri dapat mengumumkannya lewat situs tersebut, sehingga nantinya akan dapat mengurangi siswa yang akan konvoi ke jalan.

Adapun pihak sekolah sendiri juga telah diingatkan untuk mewanti-wanti kepada para siswanya untuk tidak konvoi ke jalan dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan sebagai luapan kegembiraan.

Bahkan Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru telah menyiapkan sekitar 2.000 lembar blanko tilang untuk menghadapi konvoi pelajar SMA yang kerap tanpa menggunakan alat keselamatan berupa helm serta melanggar peraturan lalu lintas.

Selain mengumumkan hasil kelulusan UN SMA, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru telah menerbitkan surat edaran bagi semua sekolah di Pekanbaru untuk melarang para siswanya melakukan aksi corat-coret seragam saat pengumuman kelulusan.

Para siswa diminta tidak mengenakan seragam sekolah putih abu-abu. Akan tetapi menggunakan pakaian khas Provinsi Riau yakni baju melayu.

Untuk diketahui bahwa ada sekitar 15.342 siswa/i SMA sederajat di Pekanbaru yang ikut UN tanggal 4 April lalu. Sebanyak 6.000-an siswa dari 23 sekolah SMA dan SMK di Pekanbaru mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).