Prodi Hubungan Masyarakat UMRI Gelar Seminar Digital PR di Era Disruption - InfoPKU
Home » Event » Event Pekanbaru » Prodi Hubungan Masyarakat UMRI Gelar Seminar Digital PR di Era Disruption

Prodi Hubungan Masyarakat UMRI Gelar Seminar Digital PR di Era Disruption


Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) bekerjasama dengan April Group dan Perhumas Muda Riau mengadakan Seminar Public Relations “Digital PR di Era Disruption“.

Adapun seminar yang diadakan di Aula Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Riau, Selasa (9/5), ini bertujuan untuk mengembangkan kajian Public Relations.

Seminar ini menghadirkan penulis sekaligus Ketua Umum Perhumas Muda Indonesia, Agung Laksamana sebagai pembicara dan juga Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jupendri, S.Sos, M.I.Kom sebagai pemicara kedua yang membawakan tema PR Politik di Era Digital.

Selain itu juga seminar ini dihadiri oleh Ketua Perhumas Muda Pekanbaru, Ian Machyar dan juga wakil rektor 3 UMRI Dr. Taswin Yacob.

Seminar ini dibuka oleh Agung yang membawakan tema sesuai judul bukunya “Digital PR di Era Disruption”. Agung mengatakan bahwa Public Relations memegang peran penting dalam organisasi maupun bisnis. Namun sehubungan dengan semakin berkembangnya media digital di dunia, maka banyak hal juga berubah.

“Dunia kerja, cita-cita, hingga media mulai berubah menggunakan teknologi digital,” ujar Agung.

Hal ini, kata Agung, yang kemudian menjadikan siapapun, baik yang tidak memiliki background pendidikan PR, bisa menjadi Public Relations, dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Sehingga profesi Public Relations pun akan mengalami disruption,” jelasnya.

Diungkapkan oleh Agung bahwa hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para profesional Public Relations, yaitu dengan meningkatkan kreatifitas demi dapat bertahan di era disruption ini.

Di sisi lain Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jupendri menekankan peran penting PR dalam dunia politik. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat komunikasi serta tingginya pengguna media di Indonesia.

“Peran PR sangat penting dalam menciptakan sistem demokrasi untuk menyalurkan aspirasi politiknya,” ungkap Jupendri.

Jupendri juga menambahkan ada beberapa kunci untuk menjadi PR Politik, yaitu mampu mengenal diri sendiri, mampu membuat konten yang baik serta memilih media yang baik, memiliki kredibiltas dan juga daya tarik.

Melalui seminar ini diharapkan Prodi Hubungan Masyarakat UMRI sebagai satu-satunya program studi Hubungan Masyarakat di Riau dapat menghadirkan kajian-kajian Public Relations yang lebih up to date sesuai dengan perkembangan zaman.

About Dita Fitriani