Pekanbaru Beramal, Beramal Untuk Anak Yatim & Kurang Mampu
Home » Komunitas » Pekanbaru Beramal, Beramal Untuk Anak Yatim & Kurang Mampu

Pekanbaru Beramal, Beramal Untuk Anak Yatim & Kurang Mampu


Komunitas Pekanbaru Beramal adalah sebuah komunitas yang berfokus pada kegiatan sosial untuk memberikan pendidikan untuk anak-anak yatim dan kurang mampu di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Awalnya kegiatan Pekanbaru Beramal telah dimulai pada awal Januari 2017 yang lalu, saat itu kegiatannya bernama Belajar Untuk Semua (BUS).

Founder Pekanbaru Beramal, Najmi Afrihas mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan pihaknya karena melihat adanya jurang pemisah antara anak-anak yang orang tuanya mampu dengan anak-anak yatim dan kurang mampu.

“Padahal mereka memiliki semangat belajar yang sama,” terang Najmi.

Diakui olehnya, program BUS hanya bertahan selama beberapa bulan saja karena keterbatasan tenaga pengajar dan kekurangan dana untuk menggaji tenaga pengajar.

Usai beberapa bulan tidak aktif, Najmi mengatakan bahwa pihaknya mencoba merumuskan kembali kegiatan BUS agar dapat bertahan lama dengan meminta masukan dari banyak pihak.

“Hasil rembukan tersebut, kemudian Pekanbaru Beramal melakukan perubahan dengan membuat beberapa program,” ujarnya.

Berikut ini beberapa program-programnya:

  • Donasi Keroyokan

Program ini merupakan kegiatan untuk mengajak orang-orang terdekat, mulai dari keluarga, sahabat, teman, dan orang-orang lainnya melalui media sosial untuk berdonasi Rp 10.000 perbulannya. Dananya kemudian akan digunakan untuk membiayai kebutuhan pendidikan anak-anak yatim dan kurang mampu.

  • Kelas Ceria

Program ini merupakan kegiatan memberikan fasilitas kursus gratis kepada anak-anak yatim dan kurang mampu. Pihaknya menjalin kerjasama dengan pihak-pihak kursus sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penyediaan tempat, pengajar, dan evaluasi perkembangan anak-anak.

  • Hari Ceria

Program ini merupakan kegiatan untuk membiayai pendidikan anak-anak yatim dan kurang mampu di sekolahnya, berupa penyediaan buku dan alat tulis, biaya SPP, dan lain-lain.

Meskipun kegiatan ini telah dimulai pada 29 Maret 2018, Program Kelas Ceria baru bisa dilaksanakan pada tanggal 3 April. Diungkapkan oleh Najmi, hal ini disebabkan pihaknya fokus pada pencarian donasi dan pihak kursus yang dapat membantu kemudahan proses pembayaran.

“Alhamdulillah hingga saat ini telah ada 2 pihak kursus yang bersedia, ada Lexie Trainings dan Dmaster Learning Centre,” ungkapnya.

Dalam Program kelas ceria, mata pelajaran yang diajarkan adalah Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Tahsin. Program ini tidak hanya sekedar pemberian materi pelajaran, tapi juga mendidik anak-anak untuk memiliki moral yang baik dalam kehidupannya sehari-hari.

Sementara untuk Program Hari Ceria belum dapat dilaksanakan karena persoalan dana dan rencananya akan berjalan pada tahun ajaran baru sekolah dimulai.

Jadi bagi Encik dan Puan yang ingin membantu program sosial Pekanbaru Beramal bisa langsung ke Jalan Durian Gang Lingkung, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru atau menghubungi via whatsaapp di nomor 081364533921.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila