Festival Bandar Senapelan, Ajang Promosi Budaya Melayu
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Festival Bandar Senapelan, Ajang Promosi Budaya Melayu

Festival Bandar Senapelan, Ajang Promosi Budaya Melayu


Sumber: Antara Riau
Sumber: Antara Riau

Untuk pertama kalinya, pada hari Sabtu (1/11), Pemko melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Bandar Senapelan. Festival ini diadakan dipinggir Sungai Siak, Kecamatan Senapelan.

Saat membuka Festival Bandar Senapelan, Walikota mengajak kepada penduduk asli Pekanbaru yang berasal dari suku Melayu untuk mengembangkan budaya Melayu kepada para pendatang, agar dikenal sebagai budaya yang mengangkat marwah Pekanbaru.

Dahulu, Pekanbaru dikenal dengan nama “Senapelan” yang pada saat itu dipimpin seorang Kepala Suku disebut Batin.

Adapun tujuan festival ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada kesenian dan budaya Melayu Riau serta untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pekanbaru. Demikian ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar), Hermanius.

Festival ini diikuti oleh 12 kecamatan se-Pekanbaru, adapun beberapa cabang seni yang diperlombakan antara lain, rebana, kompang, berzanji, lomba berbalas pantun, lomba lagu melayu, pemilihan pak cik dan mak cik, lomba tari kreasi melayu, sampan hias dan bazar.

Dia berharap untuk kedepannya festival akan menjadi agenda tahunan dan menjadi bagian dari kalender wisata nasional.

Antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke lokasi ini pun cukup besar. Sejumlah bazar menyediakan makanan lokal khas melayu seperti bolu kemojo, “lepat pisang”, kue “koci”, roti jala, kue bangkit, lempuk durian dan makanan khas lainnya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Walikota juga berpesan kepada Dinas Kebudayaan dan Periwisata beserta Disperindag, agar iven ini dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk hasil Usaha Kecil Menengah yang ada di Pekanbaru.

Sumber: Antara Riau

About Admin