Earth Hour Pekanbaru 2016: Malam Resolusi Hijau - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Earth Hour Pekanbaru 2016: Malam Resolusi Hijau

Earth Hour Pekanbaru 2016: Malam Resolusi Hijau


Sabtu (19/3) malam, Komunitas Earth Hour Pekanbaru mengadakan aksi malam resolusi hijau pada peringatan Earth Hour 2016 di Halaman Gelanggang Remaja Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Dalam pelaksanaan Earth Hour tahun ke-4 di Kota Pekanbaru ini, Komunitas Earth Hour Pekanbaru mengangkat tema “Hijaukan Bumi Melayu Cegah Perubahan Iklim”.

Kota Pekanbaru sendiri tergabung bersama 32 Kota di Indonesia yang memperingati Earth Hour tahun 2016 ini. Ke-32 kota tersebut antara lain:

  1. Pontianak
  2. Padang
  3. Denpasar
  4. Bandung
  5. Makassar
  6. Malang
  7. Palu
  8. Balikpapan
  9. Jakarta
  10. Mataram
  11. Samarinda
  12. Serang
  13. Solo
  14. Kediri
  15. Surabaya
  16. Kota Batu
  17. Bogor
  18. Tangerang
  19. Palangkaraya
  20. Cimahi
  21. Subang
  22. Sidoarjo
  23. Aceh
  24. Banjarbaru
  25. Bekasi
  26. Depok
  27. Medan
  28. Jogja
  29. Pekanbaru
  30. Banjarmasin
  31. Palembang
  32. Lampung

Pelaksanaan Earth Hour Pekanbaru 2016 ini dimulai sejak pukul 14.00 WIB, di mana para pengunjung dapat melihat-lihat pameran poster dan foto-foto yang dipamerkan di Halaman Gelanggang Remaja.

Kemudian pada pukul 16.00 WIB dilanjutkan pada acara Earth Hour Champion, lalu MC beserta panitia memamerkan barang bekas yang telah disulap menjadi barang berguna dari Bank Sampah Dalang Collection.

Setelah melalui beberapa babak dan menjawab dengan benar, maka terpilihlah SMA Negeri 2 Pekanbaru sebagai EH Champion.

Selesai rehat Shalat Maghrib kemudian dilanjutkan dengan acara puncak, yakni Malam Resolusi Hijau. Seperti pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, Earth Hour Pekanbaru 2016 juga menyusun lilin-lilin yang membentuk tulisan Earth Hour 60+.

Selain menampilkan lilin-lilin yang membentuk tulisan Earth Hour 60+ dan pameran foto, di sini juga terdapat photo booth bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen ini.

Acara Malam Resolusi Hijau ini dimulai dengan penampilan dari ZLZ Dance. Lalu dilanjutkan dengan talkshow interaktif bersama manager WWF Riau, Wishnu Sukmantoro, MSi, Kepala BLH Kota Pekanbaru, M. Zulfikri, SH, dan Koordinator Kota Earth Hour Pekanbaru, Deka Afi Wahyu.

Usai berbincang-bincang, pada pukul 20.30 WIB, M. Zulfikri, SH, Deka Afi Wahyu bersama Wishnu Sukmantoro, MSi, secara simbolis melakukan switch off tanda pelaksanaan Earth Hour di Kota Pekanbaru dimulai.

Lampu pun dipadamkan hingga sejam kedepan. Meski dalam keadaan gelap, hal tersebut tidak menyurutkan semaraknya acara malam resolusi hijau ini.

Ada berbagai penampilan dalam mengisi gelapnya malam itu, antara lain:

  • Penampilan perkusi dari SMP Future Islamic School sebagai pembuka switch off malam tadi
  • Penampilan drama dari sanggar Latah Tuah Pekanbaru
  • Pembacaan puisi dari salah satu member EH Pekanbaru, Rahmi Carolina
  • Penampilan Stand Up Comedy oleh komunitas Stand Up Comedy Pekanbaru
  • Pemutaran film dokumentasi Earth Hour Pekanbaru selama setahun terakhir
  • Kemudian ditutup dengan penampilan akustik dari BlackJeans

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila