Dana CSR Perusahaan Bisa Kurangi Penggunaan Plastik - InfoPKU
Breaking News
Home » Lingkungan Hidup » Dana CSR Perusahaan Bisa Kurangi Penggunaan Plastik

Dana CSR Perusahaan Bisa Kurangi Penggunaan Plastik


Dana Coroporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan ritel maupun perusahaan besar lainnya bisa saja mengurangi penggunaan plastik di masyarakat. Belakangan dunia dikejutkan dengan berbgai temuan kerusakan alam akibat pemakaian plastik yang berlebihan. Kerusakan yang masih terjadi baik di darat, pegunungan bahkan lautan.

Upaya pembersihan yang dilakuka berbagai kelompok pecinta lingkungan seolah seperti menimba air di lautan, karena sumber dari berbagai masalah belum juga teratasi. Berbagai regulasi terkait penggunaan plastik yang beberapa waktu lalu sempat disosialisasikan dianggap menguntungkan salah satu pihak.

Beberapa waktu lalu (Kamis, 21 Maret), Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memberikan sebuah pemikiran terkait dengan penanggulangan penggunaan plastik yang berlebihan.

Karena menurutnya, ada sebuah cara untuk mengurangi pemakaian kantong plastik, namun tidak membebankan masyarakat. Seperti memanfaatkan dana CSR atau dana tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitarnya.

“Masyarakat jangan dibebankan dengan pembayaran plastik lagi. Tapi minta perusahaan yang memiliki dana CSR untuk memproduksi tas belanja yang bisa didaur ulang secara bersamaan,” ungkap Ayat.

Mayarakat juga harus diberikan sebuah edukasi terkait pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang beberapa mengganggap bahwa penggunaan plastik adalah kebutuhan.

Padahal penggunaan plastik bukan sebuah kebutuhan, melainkan sebuah kebiasaan. Menurut Jurnalis Amerika terkenal Charles Duhigg kebiasaan bukanlah sesuatu yang ditakdirkan melainkan dibuat oleh manusia itu sendiri. Manusia bisa merubah kebiasaannya menjadi lebih baik, jika memiliki tekad yang kuat.

Penggunaan plastik memang tidak dilarang sepenuhnya, hanya jasa tidak berlebihan dalam penggunaannya. Karena manusia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa sebagai pemimpin di Bumi untuk mengelola berbagai sumber daya alam dan ilmu pengetahuan ke arah yang lebih baik.

About Dina Sajida