Stadion di Kota Pekanbaru, Ada Apa Saja?

0
1082

Kota Pekanbaru seperti halnya kota di Indonesia, juga memiliki Stadion sebagai sarana olahraga. Stadion-stadion ini bukan hanya tempat untuk pertandingan olahraga, namun juga sering digunakan untuk acara-acara besar lainnya.

Dengan adanya keberadaan stadion tersebut, membuktikan Pekanbaru yang juga dikenal sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia memiliki infrastruktur yang berkembang pesat.

Daftar Stadion

Berikut adalah daftar stadion-stadion yang ada di Kota Bertuah:

Stadion Utama Riau

Merupakan stadion terbesar yang ada di Pekanbaru. Stadion yang dapat menampung hingga 45.000 penonton ini diresmikan pada tahun 2012, saat penyelenggaraan PON XVIII Riau yang lalu.

Luasnya mencapai 7 hektar sehingga sering dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat sekitar seperti tempat olahraga dan rekreasi. Tahukah Encik dan Puan pada tahun 2013 lalu, Stadion Utama Riau pernah digunakan Timnas U-22 pada ajang pra piala Asia lho.

Sempat terbengkalai dan bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menunggak utang terhadap kontraktor sebesar Rp264 miliar, kini stadion ini mulai berbenah. Di antaranya dengan menyewakan pemakaian stadion kepada masyarakat umum dengan cukup membayar Rp 3 juta per sekali main.

Lokasi: Jalan Naga Sakti, Kota Pekanbaru

Stadion Kaharuddin Nasution

Lebih sering disebut dengan Stadion Rumbai, Stadion Kaharuddin Nasution merupakan salah satu stadion tertua di Kota Pekanbaru. Stadion ini dibangun pada tahun 1980, dan mengalami renovasi di tahun 2010 untuk pelaksanaan PON XVIII 2012.

Berlokasi di kawasan Rumbai, stadion ini memiliki kapasitas sekitar 22.000 penonton dengan luas bangunan mencapai 2 hektar.

Stadion ini memiliki sejarah panjang dalam penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga, terutama sepak bola. Serta menjadi markas klub PSPS Pekanbaru.

Area luar stadion ini lebih sering dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga ringan dan konser musik.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Kota Pekanbaru

Stadion-stadion di atas bukan hanya dijadikan sebagai fasilitas olahraga, namun ada baiknya mendapat perawatan dan perhatian lebih oleh pemerintah setempat. Hal tersebut agar stadion dapat lebih terjaga dan tetap bermanfaat bagi masyarakat Kota Pekanbaru.