Lulusan SMA Bisa Jadi CPNS?

1
204

Pada tahun 2016 ini, pemerintah akan membuka seleksi lulusan SMA sederajat untuk menjadi siswa/taruna pada Kementerian/Lembaga (K/L) yang mempunyai Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID).

Kabar gembira seleksi lulusan SMA sederajat tersebut diterangkan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Dwi Wahyu Atmaji, Senin (14/3).

Atmaji mengatakan bahwa ada tujuh LPID yang membuka kesempatan untuk menerima 5.940 kursi calon siswa untuk seleksi lulusan SMA sederajat. Adapun ketujuh LPID tersebut antara lain:

  1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN membuka kesempatan untuk 3.650 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret – 7 April 2016, pelaksanaan TKD (Tes Kemampuan Dasar) dari tanggal 20 – 24 Juni 2016.
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka kesempatan untuk 900 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 29 Maret – 25 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 – 13 Mei 2016.
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) membuka kesempatan untuk 500 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret – 30 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 19 – 22 Juli 2016
  4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)membuka kesempatan untuk 300 calon siswa/taruna. Pendaftaran dibuka dari tanggal 4 April – 27 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 – 10 Agustus 2016.
  5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) membuka kesempatan untuk 260 calon taruna Akademi Imigrasi (AIM). Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret – 4 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 30 Mei – 3 Juni 2016.
  6. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka kesempatan untuk 250 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret – 22 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 11 Mei – Selesai.
  7. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) membuka kesempatan untuk 80 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 15 – 30 Maret 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 15 – 22 April 2016.

Atmaji juga menjelaskan bagi masyarakat lulusan SMA sederajat yang hendak melakukan pendaftaran, dapat melakukan pendaftaran secara online di panseldikdin.menpan.go.id sesuai dengan jadwal.

Dengan adanya sistem pendaftaran terpadu ini, ia yakin tidak ada seorang pun bahkan pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan cara membayar uang dalam jumlah tertentu.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta bahwa peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 7 Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan. Apabila ada peserta yang mendaftar di dua atau lebih Lembaga Pendidikan, maka peserta tersebut dinyatakan gugur.

Sementara itu untuk pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dilakukan setelah peserta dinyatakan lulus dan memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan tersebut.

Para peserta yang lulus kemudian akan ditempatkan pada jabatan tertentu, berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan serta Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

Meskipun peserta yang lulus tersebut telah di terima di lembaga pendidikan ikatan dinas tersebut, Atmaji mengatakan bahwa mereka tidak otomatis diangkat menjadi CPNS.

 

1 COMMENT

  1. KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA DARI HONORER JADI PNS GURU K2 TAHUN 2014

    YANG HANYA BISA DI PERCAYA
    BPK DRS SIDIK KADARUSMAN NO HP BELIAU 0853-9845-2015

    Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

    Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015
    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.