RS Otak Jantung Pekanbaru Mulai Dibangun Juli 2023

0
668
RS Otak Jantung Pekanbaru

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana akan membangun Rumah Sakit (RS) otak dan jantung di Pekanbaru pada Juli tahun 2023 ini.

Pembangunan RS Otak dan Jantung di Pekanbaru

Saat ini, Pemprov Riau terus mempersiapkan jelang pembangunan RS vertikal khususnya otak dan jantung di Provinsi Riau.

Rencana pembangunan RS otak dan Jantung ini sendiri dimulai setelah Presiden Joko Widodo mengunjungi Provinsi Riau beberapa bulan yang lalu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau Indra menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan administrasi untuk hibah tanah dari Pemprov Riau kepada Kementerian Kesehatan.

Pemprov Riau sendiri telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare di Jalan Naga Sakti, Pekanbaru untuk mulai membangun rumah sakit tersebut. Adapun lokasi tepatnya berada di samping Stadion Utama Riau.

Indra juga mengatakan bahwa pihaknya telah memnyiapkan berkas-berkas dan tinggal menunggu tanda tangan berita acara serah terima hibah tanah.

Tak hanya itu, pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan juga Kementerian Kesehatan untuk acara seremonial penandatanganan berita acara serah terima hibah tanah tersebut.

“Tinggal menunggu waktu saja untuk penandatanganan, sedang kami koordinasikan. Apakah acara akan dilaksanakan di Pekanbaru atau Jakarta,” ucap Indra.

Pembangunan Akan Mulai Juli Mendatang

Pembangunan otak dan jantung di Pekanbaru ini akan langsung bisa dibangun ketika serah terima hibah tanah tersebut selesai dilaksanakan. Rencananya pembangunan rumah sakit ini akan dilakukan pada bulan Juli tahun 2023.

“Informasi yang kami terima, rumah sakit itu akan mulai dibangun tahun ini, tepatnya bulan Juli,” pungkas Kepala BPKAD Provinsi Riau itu.

Sementara itu sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto, beberapa waktu menyampaikan, berdasarkan informasi dari Dirjen Yankes, pihak Kemenkes telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 triliun.

Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan RSP Otak, Jantung dan Uronefrologi Rujukan Regional Sumatera.

“Termasuk juga Detail Engineering Design (DED), serta untuk peralatan-peralatan rumah sakit,” ucap Sekdaprov Riau, 24 Januari 2023 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.